Terjawab

Apa jenis usaha sampingan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga di masa pandemi ini?

Oleh : Kila Yudayana
September 25, 2020

Jawaban

Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar

Saya ingin bertanya kembali, apakah yang ingin Anda pelajari? Setiap orang tentu memiliki kebisaan atau talentanya masing-masing. Dan saya tidak tahu apakah talenta yang Ibu miliki. Yang jelas, semua bentuk usaha, apapun itu pasti butuh modal. Sebagai reseller atau drop shipper sekalipun, ada modal yang harus dikeluarkan, yaitu social media advertising.

Apapun yang ingin Ibu lakukan, segala sesuatu yang berbentuk jualan saat ini akan membutuhkan skill sosial media. Memanfaatkan platform digital juga membutuhkan keahlian khusus dan bahkan harus mengeluarkan uang juga untuk beriklan.

Apalagi, seorang ibu rumah tangga sendiri juga sudah memiliki seribu pekerjaan yang tidak mudah. Apa iya ingin ditambah dengan usaha sampingan? Apakah Ibu memiliki waktunya? Apa kebisaan yang Ibu bisa tawarkan?

Apapun usaha sampingan yang ingin dikerjakan, akan butuh modal untuk itu, dan waktu yang tidak sedikit. Dan di masa pandemi seperti ini, kebutuhan finansial semakin mendesak. Kreativitas juga sangat dibutuhkan. Saya bisa memberikan 1.000 ide usaha sampingan namun tidak akan ada satupun yang cocok untuk Ibu, karena tidak sesuai dengan karakter ibu, atau Ibu sesederhana tidak ingin melakukannya.

Sebuah ide akan bisa berjalan dengan baik kalau ada passion di sana dan kemampuan marketing sosial media yang baik. Jadi semuanya kembali ke Ibu, sejauh apa Ibu ingin belajar kembali? Dan apakah ada modal yang cukup untuk membantu bisnis usaha sampingan Ibu? Karena tidak ada istilah sampingan dalam berbisnis. Usaha sampingan hanya akan membuat kita setengah hati melakukannya, sehingga ada mindset “I have nothing to lose”. Akibatnya, hasil yang dicapai tidak akan pernah baik.

Saran saya, kenali dahulu apa yang Ibu inginkan, dan pelajarilah sosial media marketing. Temukan apa yang Ibu senangi, dan kerjakan memang untuk menambah penghasilan, bukan hanya sekadar sampingan. Konsistensi dan kesadaran akan pentingnya hal yang ibu lakukan, itulah yang akan memberikan hasil baik pada apapun yang ingin ibu lakukan.