Terjawab

Apa perbedaan bank konvensional dan bank syariah, lebih baik mana?

6 hari ago

Jawaban

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
0 Komentar

Perbankan Syariah

Secara umum bank syariah dan bank konvensional memiliki kesamaan yaitu memberikan pelayanan jasa keuangan kepada masyarakat baik penghimpunan dana maupun penyaluran pembiayan. Namun terdapat beberapa perbedaan bank konvensional dan bank syariah dari berbagai aspek yaitu sebagai berikut:

Operasional

Secara sederhana perbedaan bank konvensional dan bank syariah yaitu dalam melakukan semua kegiatan operasionalnya Bank Konvensional mengikuti aturan hukum yang berlaku di suatu negara sedangkan untuk Bank Syariah dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya tunduk pada dua hukum yaitu aturan hukum yang berlaku pada suatu negara serta hukum keuangan sesuai dengan prinsip syariah.

Transaksi

Dari segi transaksi antara Bank dengan Nasabah, untuk Bank Konvensional perjanjian (akad) yang digunakan merupakan perjanjian yang menggunakan hukum positif yang berlaku secara umum. Sedangkan pada Bank Syariah akad atau perjanjian dengan beberapa jenis transaksi yaitu Jual beli (Murabahah), Kemitraan (mudharabah & Musyarakah), Peminjaman Dana (Qardh) dan lain lain. Untuk transaksi

Mendapatkan Keuntungan

Bank Syariah memperoleh keuntungan dari kegiatan yang dilakukan yaitu pendapatan atas transaksi jual beli, bagi hasil dari transaksi kemitraan dengan nasabah dan juga dari pendapatan jasa perbankan lainnya yaitu mendapatkan upah (ujroh). Sedangkan bank konvensional  mendapatkan keuntungan dari pendapatan jasa perbankan serta dari pendapatan bunga dari fasilitas kredit yang diberikan.

Sedangkan kepada nasabah dana atau pihak penabung, di bank Syariah nasabah mendapatkan bagi hasil sesuai dengan porsi bagi hasil (nisbah) yang disepakati sedangkan di bank konvensional nasabah akan mendapatkan pendapatan bunga berdasarkan rate yang berlaku di bank tersebut.

Pengawasan

Dalam hal pengawasan operasional bank syariah maupun bank konvensional diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai  regulator kegiatan jasa keuangan di Indonesia. Namun pada Bank syariah ada tambahan pengawas yaitu Dewan Pengawas Syariah yang akan mengawasi kegiatan Bank agar sesuai dengan prinsip Syariah

Memilih bank Syariah memiliki keutamaan tersendiri bagi masyarakat khususnya yang beragama Islam sebagaimana aturan Islam terkait pelarangan Riba. Sehingga hal ini menjadi salah satu faktor bagi masyarakat dalam memilih bank Syariah. Karena bank Syariah memiliki diferensiasi dibandingkan dengan Bank Konvensional yaitu prinsip operasional yang dijalankan secara syariah.

Namun Bank Syariah sejatinya tidak hanya diperuntukan untuk orang Islam melainkan untuk seluruh masyarakat karena sistem perbankan Syariah yang sifatnya universal. Jadi dalam pemilihan bank sebaiknya nasabah telah memahami perbedaan bank konvensional dan bank syariah agar bank yang dipilih telah sesuai dan tepat sesuai kebutuhan serta keyakinan.