Terjawab

Apa perbedaan trading saham dan investasi saham? Mana yang lebih baik?

Oktober 20, 2020

Jawaban

Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
0 Komentar

Dalam pasar saham, ada dua pendekatan yang umum digunakan seorang investor atau trader.

Investasi

Yang pertama adalah membeli saham namun tidak untuk diperjual belikan dalam jangka pendek, melainkan disimpan untuk keuntungan jangka panjang. Pendekatan yang pertama ini disebut investasi.

Trading

Yang kedua adalah memperjualbelikan saham untuk keuntungan jangka pendek. Pendekatan yang kedua ini biasa disebut trading.

Keduanya memiliki kelebihan dan tantangan / risiko masing-masing.

Investasi saham jangka panjang memiliki keunggulan risiko yang lebih rendah. Karena harga saham bisa berfluktuasi dalam jangka pendek, namun saham dari perusahaan yang bagus senantiasa akan naik dalam jangka panjang. Keunggulan lainnya dari investasi jangka panjang adalah keuntungan yang didapatkan secara persentase bisa jauh lebih besar, jika kinerja perusahaan terus bertumbuh.

Di sisi lain, trading jangka pendek memiliki keunggulan bisa mendapatkan keuntungan jangka pendek dari fluktuasi harga. Namun risikonya adalah kamu juga bisa saja merugi karena harga saham sifatnya fluktuatif dalam jangka pendek.

Yang lebih bagus?

Mana yang lebih bagus ? Jawabannya adalah tergantung profile risiko kamu.

Jika kamu seorang yang memiliki profile risiko agresif, trading jangka pendek mungkin lebih cocok. Karena kamu bisa mentoleransi jika mengalami kerugian akibat harus cut loss jika harga saham turun.

Namun jika profile risiko kamu moderat atau konservatif, maka investasi jangka panjang lebih cocok untuk kamu. Karena seperti disampaikan sebelumnya, risikonya jauh lebih rendah karena jika harga saham turun dalam jangka pendek pun kamu tidak akan cut loss. Dan bahkan keuntungan yang didapatkan bisa jauh lebih besar, bahkan bertumbuh berkali-kali lipat jika kamu hold dalam jangka waktu yang panjang.

Manapun yang kamu pilih, pastikan bahwa akun untuk trading jangka pendek, dipisahkan di akun yang berbeda dengan investasi jangka panjang.