Terjawab

Apa rekening tabungan dengan biaya administrasi sedikit yang paling cocok untuk mahasiswa?

September 22, 2020

Jawaban

Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar

Biaya administrasi yang dikenakan oleh tabungan perbankan adalah untuk membiayai fasilitas yang menunjang. Seperti misalnya kebebasan pengambilan dana tunai melalui atm di manapun, mobile banking, dll. Jadi pertanyaan yang harus dipertanyakan adalah: apakah yang mahasiswa butuhkan? Apakah tabungan saja atau fasilitas penunjangnya?

Sejak 7 tahun yang lalu, Bank Indonesia memberikan produk pilihan yang bisa diminta ke seluruh perbankan yang bernama TabunganKu. TabunganKu ini adalah jenis tabungan tanpa biaya administrasi, yang bisa dipilih sebagai tabungan alternatif apabila seseorang menginginkan tabungan yang tidak mengenakan biaya administrasi. Tapi, layaknya tabungan biasa, tabungan ini tidak berbunga, tidak memiliki atm dan hanya bisa melakukan tarik tunai atau setoran di bank tempat Anda membuka tabungan TabunganKu ini. Pertanyaannya, apakah ketidak adaan biaya administrasi ini akan sebanding dengan kemungkinan biaya yang keluar yang mungkin timbul akibat transportasi tambahan menuju dan dari bank tersebut, waktu yang terbuang untuk antrian, dan kemungkinan ada biaya penarikan yang mungkin timbul?

Setiap produk tabungan perbankan memiliki kelebihannya masing masing. Dan biasanya, Bank yang bekerjasama secara ekslusif dengan suatu Universitas, sehingga akan memudahkan untuk pembiayaan semester, kredit dan lain-lain, memiliki syarat khusus untuk mahasiswa yang membuka rekening di Universitas tempat mereka kuliah. Mungkin biaya administrasi yang lebih kecil, atau setoran awal dan limit minimum yang lebih fleksibel daripada bank-bank lain. Beberapa bank malah memberikan potongan biaya administrasi apabila ada nomimal tertentu yang mengendap di tabungan. Jadi, tentunya alternatif seperti ini bisa Anda tanyakan langsung ke Bank tentang apa yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keringanan biaya administrasi, atau Anda bisa memilih TabunganKu yang merupakan tabungan tanpa fasilitas.