Terjawab

Apa rekomendasi asuransi kesehatan yang bagus dan murah?

Oleh : Ika Jumantara
November 1, 2020

Jawaban

Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
0 Komentar

Asuransi kesehatan yang ditawarkan di Indonesia terbagi dua, yaitu asuransi kesehatan sosial dan asuransi swasta. Asuransi sosial dicetuskan oleh pemerintah sebagai perlindungan finansial atas biaya perawatan medis bagi seluruh lapisan Warga Negara Indonesia (WNI).

Di lain sisi, asuransi swasta ditawarkan oleh perusahaan asuransi kelolaan swasta. Terdapat berbagai perusahaan asuransi yang menawarkan pengelolaan finansial melalui produk asuransi yang bervariasi sesuai dengan bidang atau objek yang ingin dilindungi.

Asuransi Kesehatan Sosial

Asuransi sosial di Indonesia adalah BPJS Kesehatan. Keanggotan BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan ini adalah wajib dengan pembayaran premi asuransi dilakukan tiap bulan. Tarifnya bervariasi sesuai dengan kelas yang dipilih, yaitu:
Kelas 1: Rp150 ribu / bulan
Kelas 2: Rp100 ribu / bulan
Kelas 3: Rp42 ribu / bulan

Dengan tarif premi asuransi yang murah, BPJS Kesehatan bisa dibilang sebagai produk perlindungan finansial yang sangat murah. Apalagi hal ini didukung oleh fakta bahwa pertanggungan yang diberikan sangat luas, baik yang skalanya ringan seperti biaya rawat jalan, skala menengah seperti rawat inap, hingga skala berat seperti pembedahan untuk menangani penyakit kritis, semua ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Khusus mengenai obat-obatan, ada sebagian jenis obat yang tidak ditanggung secara mendasar kecuali jika disertai rujukan dari dokter.

Kelemahan dari penerapan klaim asuransi BPJS Kesehatan adalah sistem rujukan fasilitas kesehatan. Nasabah BPJS Kesehatan tidak bisa mengajukan klaim secara langsung ke rumah sakit, melainkan harus melalui tahap rujukan dari Faskes 1 di Puskesmas atau klinik.

Dari Puskesmas atau klinik, nasabah akan mendapatkan surat rujukan ke rumah sakit dan seterusnya. Proses ini dinilai sangat menyulitkan terutama jika pasien sedang mengalami sakit kritis.

Asuransi Kesehatan Swasta

Asuransi kesehatan swasta bisa didapatkan melalui pembelian secara mandiri sesuai dengan kebutuhan. Calon nasabah harus menghubungi perusahaan asuransi langsung, agen asuransi, atau broker asuransi untuk bisa membeli produk asuransi pilihan.

Tarif premi asuransi bervariasi dan cenderung tidak terbatas tergantung kepada berapa banyak pertanggungan yang dipilih.

Semakin tinggi nilai manfaat pertanggungan asuransi, maka semakin mahal tarif premi asuransi yang harus dibayar tiap bulan atau tahun.

Skala manfaat atau pertanggungan yang didapatkan bisa dipilih secara manual oleh nasabah bersama agen atau broker asuransi.

Lebih Baik Pilih BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan Swasta?

Tentu perlindungan biaya kesehatan yang terbaik adalah dengan memiliki keduanya karena masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Sebagaimana Keanggotaan BPJS Kesehatan bersifat wajib, maka seluruh WNI wajib memilikinya, baik secara kolektif melalui perusahaan tempat bekerja atau secara individu dengan membeli/membayar premi secara mandiri.

Dibandingkan tahun pertama diselenggarakannya BPJS Kesehatan, yaitu pada tahun 2015, mutu dan kecepatan pelayanan BPJS yang sekarang sudah jauh lebih baik. Termasuk sekarang RS swasta kelas 1 sudah dapat melayani pasien BPJS Kesehatan.

Mengenai asuransi kesehatan swasta, sifatnya tidak wajib. Namun jika ingin membelinya, calon nasabah dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan untuk menghindari pembayaran premi asuransi yang terlalu mahal.

Keunggulan utama memiliki asuransi kesehatan swasta adalah klaim asuransi dapat didapatkan secara langsung di rumah sakit rekanan tanpa menggunakan sistem rujukan seperti BPJS Kesehatan.

Lifepal sebagai broker asuransi terpercaya adalah marketplace yang menawarkan berbagai produk asuransi kesehatan swasta terkemuka di Indonesia yang bisa disesuaikan dengan profil dan kebutuhan calon nasabah. Cari tahu informasi selengkapnya di Lifepal.co.id.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.