Apa saja investasi syariah yang paling menguntungkan?

3 hari ago

Jawaban

Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
0 Komentar

Jika Anda memilih investasi Syariah, maka ada banyak keuntungan seperti bebas riba serta manajemen keuangan sesuai syariat Islam. Nah di dalam pasar modal, ada beberapa indeks Syariah seperti Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) atau Jakarta Islamic Index (JII) yang bisa kamu jadikan acuan dalam berinvestasi di pasar saham berbasis Syariah.

Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

Berdasarkan informasi dari Bursa Efek Indonesia, konstituen ISSI diseleksi ulang sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu Mei dan November, untuk menentukan emiten yang keluar atau masuk ke dalam indeks ISSI ini.
Metode perhitungan ISSI mengikuti metode perhitungan indeks saham BEI lainnya, yaitu rata-rata tertimbang dari kapitalisasi pasar dengan menggunakan Desember 2007 sebagai tahun dasar perhitungan ISSI.

Jakarta Islamic Index (JII)

Indeks ini pertama kali diluncurkan di pasar modal pada tahun 2000, lebih dahulu ketimbang Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Konstituen ISSI ini hanya terdiri dari 30 saham Syariah paling liquid yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Review emiten yang berada di dalam konstituen JII ini juga dilakukan 2x setahun, yaitu bulan Mei dan November.
Adapun kriteria yang digunakan dalam menyeleksi 30 saham ke dalam indeks ini adalah :

  • Saham syariah yang masuk dalam konstituen Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) telah tercatat selama 6 bulan terakhir
  • Dipilih 60 saham berdasarkan urutan rata-rata kapitalisasi pasar tertinggi selama 1 tahun terakhir
  • Dari 60 saham tersebut, kemudian dipilih 30 saham berdasarkan rata-rata nilai transaksi harian di pasar regular tertinggi
  • 30 saham yang tersisa merupakan saham terpilih.

Jadi Anda yang ingin berinvestasi saham dengan prinsip Syariah, bisa menjadikan kedua indeks tersebut sebagai acuan.