Terjawab

Apa saja toko online yang bisa belanja dengan cicilan tanpa kartu kredit?

Oleh : ekawati
November 18, 2020

Halo, saya Eka (30) ibu pekerja yang belum memiliki anak. Selama pandemi biasanya sulit buat saya memenuhi kebutuhan rumah tangga karena banyak toko yang tutup.

Saya belakangan ini coba belanja online, tapi saya nggak punya kartu kredit, sementara hampir semua situs belanja online butuh kartu kredit untuk cicilan.

Kira-kira ada nggak situs online yang terima cicilan tanpa kartu kredit?

Jawaban

Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
0 Komentar

Betul bu Eka, cara yang paling aman dan mudah dimasa pandemi ini adalah dengan belanja online. Selain cara yang lebih mudah, ibu juga tidak perlu keluar rumah dan berinteraksi dengan banyak orang. Selain itu banyak penawaran harga istimewa untuk produk-produk yang mungkin ibu butuhkan.

Namun ada beberapa kendala yang membedakan cara online dibandingkan cara konvensional, salah satunya adalah beberapa penyedia belanja online tersebut menggunakan fasilitas kartu kredit. Tapi jika ibu telaah lebih jauh, saat ini sudah hampir semua toko online atau market place menawarkan banyak pilihan cara pembayaran.

Alternatif Pembayaran Selain Kartu Kredit

Alternatif pembayaran yang mereka tawarkan selain kartu kredit adalah transfer antar bank, pembayaran menggunakan electronic payment (OVO, Dana, Gopay, Link Aja!, dan lain sebagainya), pembayaran melalui minimarket juga banyak yang sudah menyediakan, bahkan pilihan pembayaran dengan cicilan (kredivo, home credit, akulaku, dan yang sejenisnya)  juga sudah banyak disediakan.

Untuk market place besar besar di Indonesia bahkan sudah bekerja sama dengan penyedia e-payment secara eksklusif seperti Tokopedia dengan OVO, Bukalapak dengan Dana, bahkan Shopee sudah memiliki e-payment sendiri yaitu Shopee pay.

Jadi seharusnya jika ibu Eka tidak memiliki kartu kredit sekalipun bukan menjadi kendala dalam melakukan transaksi belanja secara online. Yang paling penting ibu perlu perhatikan adalah menyiapkan budget yang sangat ketat untuk menjaga pengeluaran bulanan ibu agar tidak berlebihan. Karena berbelanja secara online ini sangat mempermudah kita yang jika tidak punya budgeting yang baik maka pengeluaran tidak terkendali dengan baik juga yang akhirnya justru membuat masalah baru bagi ibu Eka dan keluarga.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.