Terjawab

Apa saja yang harus diperhatikan untuk memulai online shop dari 0?

November 13, 2020

Saya kesulitan dalam memulai olshop saya, saya baru mulai semuanya dari nol. Saya butuh saran runtutan tahap yang harus saya lakukan agar usaha yang akan saya jalani ini berjalan lancar dan tidak merugikan ke depannya, baik itu saran untuk sarana dan prasarana.

Saya asumsikan olshop saya ini dari nol dalam artian memang sepenuhnya dari nol, baik itu modal, tempat dan barang. Saat ini saya hanya mampu sebatas sebagai dropshiper saja. Tapi kedepannya saya ingin berubah menjadi reseller, suplier atau bahkan seller sekaligus produsen sendiri.

Saya juga kebingungan masalah modal, persyaratan sekaligus perizinannya.

Modal utama saya sekarang hanya tekad dan keinginan untuk berubah menjadi lebih baik saja, baik untuk diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Kira-kira bagaimana cara mengatasinya ya, mohon bantuannya?

Terima kasih

Jawaban

Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar

Ada 6 faktor penting yang harus diperhatikan untuk memulai online shop dari 0

Brand atau Merk

Buatlah brand Anda semenarik mungkin. Menarik dalam artian menyangkut design, kata-kata atau nama brand, warna dan bentuk. Hindari penggunaan kata “Dapur” atau “Murah”. Jangan hilangkan jati diri Anda dalam membuat “brand” ini. Karena “Brand” inilah yang akan selalu melekat pada produk Anda nantinya. Baik sebagai nama, ataupun kualitas. Ada banyak pelatihan yang bisa dipelajari secara online dalam menentukan Brand. Salah satu yang bisa dijadikan referensi adalah channel youtube “Brand klinik” . Atau kalau misalnya memang memiliki budget untuk brand atau nama merk Anda, serahkanlah pada profesional. Kanal Sribu.com bisa menjadi salah satureferensi untuk pembuatan brand design logo secara profesional/

Nilai Tambah

Nilai tambah bisa berupa kemasan, atau hal lain yang menjadikan produk Anda berbeda dari tempat lain. Sebagai contoh: Semua orang bisa menjual kue Soes. Tapi kenapa Soes Merdeka bisa sebegitu berbedanya dari yang lain? Ternyata karena fla-nya berbeda. Bukan custard.
Cara termudah memberikan produk Anda nilai tambah adalah dengan kemasan. Kemasan yang unik, berbeda dll bisa membuat orang lebih tertarik untuk membeli. Tapi, kalau kemasannya sudah lucu, tapi angle foto produk Anda kurang, nah hal ini juga harus diperhatikan.

Pemanfaatan SEO dan Hashtag

Pahami dan pelajari lebih lanjut tentang SEO atau search engine oprimizer. Akan ada kata kata yg sering orang pergunakan untuk mencari sesuatu. Gunakan kata-kata tersebut sebagai bagian dari narasi atau konten yang akan Anda posting di instagram atau sosia media lain. Gunakan minimal 20 hashtag yang bisa dengan mudah terkait atau membuat produk Anda keluar apabila seseorang mencari kata tertentu.

Ads

Ada facebook ads, ada instagram ads ada google ads. Manfaatkan ads ini agar produk Anda mencapai lebih banyak org lagi. Budgetkan dana marketing untuk ads-ads seperti ini. Tapi, perhatikan mengenai waktu. Ada beberapa tips dan trick tentang bagaimana mempergunakan ads ads ini agar bisa optimal dengan dana yang sedikit. Jangan lupa buatkan budget marketing khusus untuk ads ini. Ini penting apabila Anda ingin memiliki pelanggan baru dan meraih pembeli yang bukan dari lingkaran pertama Anda.

Testimonial

Testimonial itu penting. Jadi pastikan Anda memiliki satu tempat di highlight instagram yang memuat tentang testimoni ini. Setiap orang akan memerlukan rekomendasi. Beberapa calon pelanggan kritis akan melihat testimoni terlebih dahulu sebagai referensinya dalam memilih produk kamu. Jadi jangan lupa kerahkan semua teman saudara dan sahabat atau keluarga lingkar 1-2-3 untuk membantu kamu dalam memberikan testimoni. Siapa tahu akan terjaring pelanggan baru dari testimoni yang mereka baca. Jangan lupa juga interaksi yang baik dan sopan dalam setiap percakapan agar pelanggan Anda akan selalu kembali pada Anda.

Konten dan Storytelling

Konten dan storytelling ini adalah kunci utama dalam menambah jumlah follower atau pengikut, yang bisa menjadi potensial buyer. Semua orang senang membaca cerita yang baik. Tapi, konten yang Anda buat juga harus menarik. Ada beberapa laman yang memberikan ide konten gratis yang bisa dan sangat boleh Anda tiru. Kalaupun tidak, pakailah jurus Copycat Marketing 101. Tiru “tetangga sebelah” yang menurut Anda bagus, tapi jangan mengcopy sampai keseluruhannya ya. Hanya idenya yang boleh Anda tiru, selebihnya buatlah sendiri konten Anda dengan bahasa Anda sendiri dan gaya Anda sendiri.

Semoga bermanfaat.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.