Terjawab

Apa sajakah syarat untuk melakukan pencairan DPLK?

Oleh : Nita anita
Januari 5, 2021

Halo, saya ingin bertanya kira – kira apa sajakah syarat untuk melakukan pencairan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)? Terima kasih.

Jawaban

Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar

Terima kasih atas pertanyaannya. Namun mohon maaf, data yang Anda berikan kurang lengkap. DPLK yang Anda maksud apakah DPLK milik pribadi, yaitu yang Anda buat sendiri dan beli sendiri melalui bank-bank terkait, melalui perusahaan, atau melalui asuransi?

Ada banyak jenis DPLK yang bisa dimiliki seseorang. Dan apakah DPLK yang Anda maksud adalah untuk dicairkan sebelum Anda memasuki usia pensiun? Atau dalam hal asuransi DPLK yang Anda ingin cairkan adalah sebelum tanggal jatuh tempo?

Kalau misalnya Anda ingin mencairkan DPLK yang Anda miliki sebelum jatuh tempo, maka cara termudah untuk mencairkan DPLK yang Anda miliki adalah dengan mendatangi tempat Anda membuka akun DPLK ini, atau apabila melalui DPLK Asuransi maka Anda bisa menghubungi agen Anda untuk meminta bantuannya untuk mencairkannya.

Berkas yang Perlu Disiapkan untuk Mencairkan DPLK

Untuk keperluan pencairan ini sendiri, ada beberapa berkas yang perlu Anda siapkan, yaitu:
1. KTP dan fotocopy KTP
2. NPWP dan fotocopy NPWP. (KPT dan NPWP asli hanya diperlihatkan)
3. Fotocopy KK
4. Buku Polis atau Buku asli kepesertaan DPLK yang Anda miliki
5. Buku tabungan tujuan transfer
6. Ada beberapa yang akan meminta surat kuasa pencairan bermaterai. Ini tergantung kebijakan di mana Anda membuka tabungan DPLK tersebut.

Namun pencairan DPLK ini juga memiliki persyaratan tertentu. Misal Anda belum berusia 40 tahun, maka akan ada penalty apabila Anda mencairkannya sebelum waktu yang disepakati di awal. Atau bila Anda mencairkan DPLK dari relasi atau keluarga yang sudah meninggal, maka akan ada 2 surat tambahan yang Anda perlu sertakan, yaitu surat keterangan kematian, dan surat dari dokter yang menyatakan bahwa yang bersangkutan telah meninggal dan dikonfirmasi oleh dokter tersebut.

Beberapa instansi juga akan meminta surat permohonan penarikan DPLK yang ditandatangani dari Anda. Jadi, semuanya memang tergantung di mana Anda memiliki DPLK tersebut dan bagaimana kebijakannya. Proses pencairannya sendiri bisa memakan waktu 5-15 hari kerja. Kembali, tergantung kebijakannya masing-masing.

Semoga bermanfaat.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.