Apa tips menabung jangka panjang?

Oktober 21, 2020

Jawaban

Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
0 Komentar

Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan dasar:

Tentukan Tujuan Dana yang Ditabung

pertama tentukan tujuan untuk apa dana yang kita tabung atau investasikan ini. Tanpa tujuan maka akan banyak godaan kita untuk menggunakan dana tersebut. Tanpa tujuan juga seperti kita berjalan tidak tentu arah yang akhirnya malah kita tersasar. Contoh tujuan yang mendasar adalah dana darurat, pension atau dana Pendidikan anak.

Tentukan Waktu Dana Digunakan

Yang kedua adalah kapan dana ini akan dibutuhkan. Hal ini pastinya berhubungan dengan tujuan tadi. Jika untuk pension, diumur berapa kita akan pension, lalu berapa lama lagi dana itu dibutuhkan, dari situ kita akan bisa menghitung berapa dana yang harus disiapkan dan berapa yang harus disisihkan untuk mencapai dana tersebut.

Tentukan Produk yang Sesuai

Selanjutnya adalah menentukan produk yang sesuai dengan tujuan, jangka waktu dan karakter kita. Kenapa karakter juga dimasukkan, karena tidak semua orang cocok dengan satu pilihan jenis investasi. Tidak memaksakan sebuah instrument hanya karena melihat imbal hasil yang akan didapat. Jika kita tidak siap menanggung resiko tinggi jangan mengambil produk yang punya tingkat resiko tinggu. Jika memang ingin mencoba pun, mulai dari instrument yang paling mudah. Contoh jika ingin mempelajari saham, bisa memulai dengan reksa dana saham terlebih dahulu.

Pelajari Setiap Produk yang akan Dipilih

Tips selanjutnya adalah pelajari setiap produk yang akan dipilih. Tidak perlu harus sampai ahli, paling tidak kita paham bagaimana cara kerjanya secara general. Dan tips terakhir adalah mulai dari sekarang, menunda adalah hal yang mahal. Karena dengan menunda maka jangka waktu yang kita akan jalani akan semakin pendek dan dana yang disisihkan harus semakin besar.