Terjawab

Apakah akan dihukum jika memakai uang “salah transfer” dari bank?

Desember 25, 2020

Jika bank tidak sengaja salah transfer uang ke rekening saya, kemudian saya tidak tahu telah memakai uang itu hingga habis.

Apa yang akan saya alami? Apakah saya akan dituntut karena pencurian atau pihak bank yang dihukum karena salah transfer?

Jawaban

Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
0 Komentar

Kasus salah transfer dana tersebut telah tercantum di dalam Pasal 85 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana.

Pasal 85 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011

Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa: “Setiap orang yang dengan sengaja menguasai dan mengakui sebagai miliknya dana hasil transfer yang diketahui atau patut diketahui bukan haknya dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp5 miliar.”

Jadi, jika Anda tahu dan sengaja memakai uang salah transfer tersebut, Anda dapat dikenakan pidana. Namun, jika Anda tidak menyadari bahwa uang tersebut bukan milik Anda dan memakainya sampai habis, maka Anda tidak akan dikenakan pidana seperti Pasal 85 ataupun Pasal 372 KUHP tentang pidana penggelapan.

Pasal 1360 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata

Namun, berdasarkan ketentuan Pasal 1360 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang menyebutkan bahwa: “Barangsiapa secara sadar atau tidak, menerima suatu yang tak harus dibayar kepadanya, wajib mengembalikannya kepada orang yang memberikannya.”

Maka secara perdata, Anda wajib mengembalikan uang hasil salah transfer tersebut kepada pihak pengirim asal melalui bank Anda karena uang itu bukan hak Anda. Sebagai itikad baik, Anda disarankan untuk berdiskusi dengan pihak bank guna membicarakan teknis pengembalian uang terkait.

Lakukan Cek Saldo Rekening secara Berkala

Untuk menghindari kejadian serupa, tidak ada salahnya bagi Anda untuk melakukan pengecekan saldo rekening secara berkala, misalnya setiap seminggu sekali atau setiap kali melakukan transaksi keuangan melalui bank.

Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan layanan m-banking di ponsel pintar, sehingga nantinya akan selalu muncul notifikasi uang keluar maupun uang masuk ke rekening.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.