Terjawab

Apakah asuransi unit link itu jelek? Apa kelebihan dan kekurangannya?

Mei 26, 2020

Jawaban

Avatar
Cofounder and CMO Lifepal -- Certified Insurance Professionals - ANZIIF
0 Komentar

Unit link tidak jelek, hanya saja manfaatnya kurang maksimal baik untuk asuransi maupun investasi. Pasalnya, bila Anda membeli unit link, maka uang premi akan terbagi dua, yaitu dipotong untuk biaya asuransi dan sebagian diinvestasikan. Maka lebih efektif jika Anda membeli asuransi murni saja dan berinvestasi di portofolio seperti reksa dana.

Namun, unit link bisa menguntungkan jika kita benar-benar paham dengan manfaat dan risikonya, sehingga bisa menyesuaikan dengan rencana keuangan. Sebab, banyak nasabah unit link yang merasa kecewa di tengah jalan karena kurang memahami produk. Mereka merasa bukannya untung malah merugi.

Unit link memiliki risiko kerugian karena sebagian dari premi ditaruh di instrumen investasi. Kalau portofolio saham kita sedang merugi, saldo bakal menipis dan kita harus mengisinya kembali. 

Risiko dalam unit link

Dalam produk unit link, biaya asuransi umumnya naik tiap tahun, tapi nominal kenaikan tidak tercantum dalam polis. Premi tetap yang kita bayarkan rutin tentunya tidak bakal bisa melunasi biaya yang sudah naik. Oleh karena itu, nilai polis kita akan dipotong agar polis tetap aktif.

Kalau investasi untung dan cukup buat membayar biaya asuransi, Anda bisa tenang. Tapi kalau investasi merugi dan ternyata nilai polis tidak cukup untuk membayar biaya-biaya asuransi, manfaat perlindungan jiwa dalam polis bakal berhenti, istilahnya polis lapse. Jika ini terjadi, kamu harus melakukan top-up dana lagi agar tunggakan biaya asuransi bisa terbayarkan.

Sebagai catatan, jika tertanggung meninggal selama masa polis aktif, maka uang pertanggungan akan cair. Sementara itu kalau tertanggung masih hidup hingga akhir masa pertanggungan, nasabah bisa mencairkan nilai polis. 

Unit link vs asuransi murni

Asuransi murni terbagi menjadi dua, yaitu asuransi jiwa term life atau asuransi jiwa berjangka. Keunggulan unit link dibandingkan dengan asuransi murni adalah pada nilai tunai yang ditawarkan. 

Nasabah unit link bakal mendapatkan uang kembali jika tidak terjadi klaim selama masa asuransi. Kalau memilih asuransi murni, premi yang kamu bayarkan bakal hangus ketika masa pembayaran premi habis.

Keuntungan asuransi murni adalah beban biaya yang harus kita bayar lebih rendah. Selain itu, tidak ada risiko kerugian investasi dan premi kita benar-benar fokus dialokasikan untuk perlindungan jiwa. 

Banyak ahli keuangan yang menyarankan untuk membeli asuransi murni saja karena lebih menguntungkan. Namun, pilihan tetap ada di tangan Anda. 

Kalau masih bingung, kami menyediakan konsultasi gratis seputar asuransi yang bisa kamu dapatkan dengan mengisi formulir pada bagian depan website Lifepal.