Apakah mengelola uang dengan baik akan membuat kita jadi sukses?

Oleh : Jati Ratimaya
Oktober 20, 2020

Jawaban

Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Perencana Keuangan, fasilitator Financial Planning Class & CFP Preparation Class, Pembicara, Narasumber
0 Komentar

ABSOLUTELY YES !

Kegiatan saya selain menjadi seorang Perencana Keuangan adalah mengasuh sebuah komunitas. Komunitas Cerdas Keuangan yang saya bina selama 7 tahun sampai saat ini selalu melakukan edukasi masyarakat untuk Cerdas Kelola Keuangan. Saya yakin dengan pengelolaan keuangan yang lebih baik, seseorang akan bertahan hidup di masa resesi seperti saat ini, bahkan dapat naik kelas ke level yang lebih baik.

Ada beberapa poin Cerdas Mengelola Keuangan yang selalu saya terapkan, tujuannya supaya seseorang dapat meraih kemandirian finansial sehingga mencapai kesuksesan dalam kehidupannya.

Cek Kondisi Keuangan

Yang dapat dilakukan untuk tahapan ini adalah financial check up atau memeriksa kondisi keuangan untuk mengetahui di mana keuangan kita berada saat  ini. Simpel banget, hanya menghitung total asset, total utang serta mengetahui pola pendapatan dan pengeluaran. Setelah itu, ada beberapa rasio yang harus kita ketahui seperti rasio dana darurat, rasio utang, dan rasio tabungan. Penting untuk kita mengetahui rasio ini, karena jika di bandingkan dengan standartnya  maka akan ketahuan apakah kondisi keuangan kita sudah sehat atau masih belum sehat dan butuh perbaikan.

Expense Terkendali

Langkah ini terkadang sulit dilakukan karena masalah kebiasaan dan gaya hidup. Akan tetapi jika kita lakukan rutin, sedikit demi sedikit akan terlihat perbedaannya. Lakukan prinsip smart spending, yakni memilih prioritas terpenting saat belanja, membeli benda yang kualitasnya lebih baik dengan harga yang diskon, dan melakukan belanja yang punya manfaat buat umkm sekitar kita. Caranya, belanja kebutuhan pokok dari tetangga atau lingkungan terdekat kita. Karena uang yang kita habiskan untuk belanja ke mereka, akan menjadi penghasilan buat mereka belanjakan lagi. Ini akan membuat ekonomi bergerak.

Rutin Investasi

Mau kondisi krisis ataupun kondisi norma, investasi rutin sebaiknya terus dilakukan. Karena saat krisis ada peluang investasi yang dapat meberikan imbal hasil lebih tinggi, misalnya membeli saham perusahaan yang bagus saat market sedang turun. Anda dapat menggunakan metode rutin investasi setiap bulan, istilahnya cost averaging. Manfaatkan fasilitas autodebet otomatis potong dari rekening sehingga anda tidak kesulitan mengingat kapan harus rutin investasi.