Terjawab

Apakah mungkin seorang single parent mempunyai rumah impian?

Oleh : 
Januari 11, 2021

Apakah mungkin seorang single parent dengan 3 anak yang bekerja serabutan dan tidak ada gaji bisa mempunyai rumah impian?

Jawaban

Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar

Dua Metode yang Dapat Dilakukan untuk Memiliki Rumah Impian

Sangat mungkin. Untuk sekarang ini ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Dua diantaranya adalah dengan KPR atau membayar dengan installment ke developer, sampai 60 kali alias 5 tahun maksimum.

KPR

Untuk KPR tentunya ada kekhawatiran pengajuan ditolak karena Anda tidak memiliki slip gaji atau bekerja di suatu perusahaan selama minimal 2 tahun. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati hal ini. Selama Anda memiliki invoice atau bukti pemasukan dari pihak pemberi kerja, dan diakumulasikan selama setahun, maka angka kesanggupan Anda untuk bisa mencicil bisa diperhitungkan di sini. Tapi memang ada ketentuan membayar downpayment dan biaya biaya lain yang akhirnya bisa mencapai 40-50% dari harga rumah. Ini yang sebaiknya Anda siapkan sebelumnya.

Instalment

Beberapa developer menawarkan sistem pembayaran instalment atau berkala, sehingga Anda bisa mencicil rumah sampai dengan 60 bulan atau 5 tahun. Namun jumlah nominal yang dibayarkan tentunya akan terasa lebih besar atadan lebih berat apabila dibandingkan dengan KPR yang bisa dicicil sampai 15 tahun.

Berinvestasi Saham Dapat Menghasilkan Imbal Balik daripada Menabung Biasa

Kalau misalnya kedua opsi di atas sama sama dirasakan mustahil dan berat, maka cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan berinvestasi terlebih dahulu dengan tujuan memiliki rumah impian. Investasi yang tepat dalam instrumen investasi reksadana saham atau saham itu sendiri walau sesederhana Rp. 500.000,- per bulan bisa menghasilkan hasil imbal balik yang jauh lebih baik daripada Anda menabung biasa.

Konsultasikan Kebutuhan Keuangan Anda

Saran saya adalah, konsultasikan kebutuhan keuangan Anda mengenai rumah ini, karena saya membutuhkan data yang lebih detail, seperti kemampuan Anda menabung, profile resiko dan berapa sebenarnya jangka waktu yang dibutuhkan oleh Anda untuk menabung di instrumen investasi sehingga Anda bisa memiliki rumah idaman tersebut.

Menjadi single parent memang tidak mudah, apalagi banyak tekanan sosial yang menyertai tanpa mau membantu. Tapi, bukan berarti kondisi Anda akan terus seperti ini dan tidak ada perbaikan, Selama Anda percaya, maka Anda bisa. Apalagi Anda memiliki 3 orang anak yang bergantung pada Anda. Setiap orangtua tunggal yang keluar rumah untuk mencari nafkah demi anak-anaknya adalah jihad di mata Allah. Jadi jangan khawatir, selalu ada jalan kalau Anda mencarinya. Semoga bermanfaat,

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.