Terjawab

Apakah perbankan syariah itu benar-benar diterapkan?

November 9, 2020

Jawaban

Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
0 Komentar

Prinsip dasar ekonomi Islam yang menjadi pedoman adalah mencakup larangan kegiatan yang mengandung riba, maysir dan gharar.

Dengan prinsip non riba, Islam mengedepankan semua pelaku ekonomi memiliki peran dan tanggung jawab sejajar di dalam menghadapi ketidakpastian dan risiko ekonomi.

Islam menawarkan profit and loss sharing kepada pemilik dana dan investor dengan mengedepankan asas keadilan dan kemanfaatan.

Maysir juga dilarang sebagai simbol kegiatan ekonomi yang bersifat spekulatif. Maka produk atau kegiatan ekonomi yang mengandung unsur spekulatif menjadi suatu yang dilarang dalam sistem ekonomi Islam.

Islam juga melarang kegiatan ekonomi yang menyangkut unsur gharar, yaitu suatu interaksi antar pelaku ekonomi yang tidak didasarkan pada informasi yang berimbang, lengkap dan akurat.

Dipastikan Tanpa Riba

Perbankan syariah atau Perbankan Islam adalah suatu sistem perbankan yang pengoperasiannya berdasarkan syariah Islam. 

Fungsi bank syariah secara garis besar tidak berbeda dengan bank konvensional, yaitu sebagai lembaga intermediasi yang menghubungkan pihak yang kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana. 

Perbedaan pokoknya terletak dalam jenis keuntungan yang diambil bank dari transaksi-transaksi yang dilakukannya. 

Bila bank konvensional mendasarkan keuntungannya dari pengambilan bunga, maka bank syariah dari apa yang disebut sebagai imbalan, baik berupa jasa (fee-base income) maupun mark-up atau profit margin, serta bagi hasil (loss and profit sharing). 

Menurut syariah, bunga adalah dan riba haram hukumnya, tapi riba menjadi hal yang umum bagi bank konvensional. Maka bank syariah menghindari yang namanya riba.

Lembaga keuangan syariah tentunya memastikan bahwa unsur riba, gharar dan maysir tidak timbul dalam aktivitas muamalah dalam perekonomian.

Lembaga keuangan syariah baik di Indonesia maupun secara global menunjukkan perkembangan yang baik dari sisi kelembagaan maupun produknya.

Semakin luasnya jangkauan dan variatifnya jenis produk yang ditawarkan dan diminati masyarakat menjadikan lembaga keuangan berbasis syariah semakin penting untuk mendukung perekonomian secara keseluruhan.

Dapat Mencapai Optimalisasi

Ke depannya, diharapkan bahwa sistem ekonomi syariah dapat mencapai optimalisasi dalam menjaga stabilitas makroekonomi, memperluas kesempatan kerja dan masyarakat yang sejahtera.

Perbankan syariah di Indonesia akan mampu bersaing dengan perbankan konvensional di pasar bebas melalui sistem yang berbeda dengan ciri-ciri pemberdayaan, keadilan dan efektif dalam perekonomian rakyat. 

Selain itu, meningkatnya peran perbankan syariah dalam proses pembangunan nasional dalam bidang kemandiran ekonomi mayarakat sehingga perbankan syariah akan menjadi pilar pembangunan bangsa.

——————-

Sekian jawaban saya

Salam Hangat

Roswitha Jassin

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.