Terjawab

Apakah saya bisa memperpanjang surat kendaraan tanpa KTP pemilik?

Oleh : 
Maret 3, 2021

Saya ingin bertanya. Saya baru beli motor bekas dan ingin memperpanjang surat kendaraan. Apakah bisa saya perpanjang tanpa KTP asli pemiliknya?

Jawaban

Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
0 Komentar

Pada saat Anda membeli motor bekas, Anda akan menerima Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih atas nama pemilik sebelumnya. BPKB adalah bukti sah kepemilikan kendaraan yang harus diperpanjang setiap lima tahun. Sedangkan STNK harus diperpanjang setiap tahun. Apabila perpanjangan tidak dilakukan maka akan berakibat terkena sanksi dari pihak Kepolisian.

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Memperpanjang BPKB dan STNK

Apabila Anda ingin memperpanjang BPKB dan STNK, Anda perlu mempersiapkan BPKB asli, STNK asli, KTP asli sesuai nama yang tertera di BPKB dan STNK, serta sejumlah uang untuk pembayaran pajak sesuai dengan yang tertera pada lembar STNK. Penggunaan KTP asli ini sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 5 tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regident).

Untuk motor bekas yang baru Anda beli, BPKB dan STNK masih atas nama pemilik lama sehingga untuk memperpanjang Anda harus menyertakan KTP asli pemilik lama. Namun bagaimana jika Anda tidak bisa menyertakan KTP tersebut?

Banyak orang menghadapi masalah saat harus memperpanjang BPKB atau STNK kendaraannya karena merupakan kendaraan bekas dan nama yang tertera di STNK masih pemilik lama. Sementara pemilik lama enggan meminjamkan KTP-nya atau dokumen kendaraannya sudah diblokir oleh yang bersangkutan. Hal ini tentunya dapat dimaklumi karena pemilik lama berusaha menghindari kemungkinan terkena pajak kendaraan ganda padahal kendaraannya sudah terjual.

Kesulitan bagi pemilik baru terkadang mengakibatkan seseorang berani melanggar peraturan, mulai dari menggunakan jasa layanan calo untuk memudahkan pengurusan dokumen hingga pemalsuan KTP. Tentu saja hal ini harus Anda hindari, karena ini adalah tindakan kriminal dan dapat berakibat hukuman pidana dan denda.

Cara untuk Memperpanjang STNK tanpa KTP Asli Pemilik

Ada 2 cara untuk memperpanjang STNK tanpa KTP asli:

Pembayaran melalui Samsat Online Nasional (Samolnas)

Khusus untuk perpanjangan tahunan (bukan lima tahunan), Anda dapat memanfaatkan layanan ini. Apabila Anda akan memperpanjang BPKB yang lima tahunan tanpa KTP maka Anda perlu melakukan balik nama kendaraan. Selain itu pembayaran cara ini tidak dapat dilakukan apabila dokumen kendaraan sudah diblokir pemilik lama.

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk pembayaran online adalah dengan mengunduh aplikasi Samolnas dari Google Playstore atau Appstore. Kemudian Anda perlu mengisi data pada aplikasi yaitu berupa nomor polisi dan warna plat. Kemudian Anda juga perlu melengkapi data sebagai berikut: Nomor KTP atau NPWP pemilik lama (ini harus Anda mintakan ke pemilik lama), dan 5 digit terakhir rangka kendaraan (biasanya ada di BPKB dan STNK). Setelah itu Anda akan memperoleh kode bayar dan diminta melakukan pembayaran melalui ATM BJB, BNI, BCA, BRI dan Bank Mandiri. Cara lain, bisa melalui internet banking, e-commerce Tokopedia, hingga minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Setelah dilakukan pembayaran, Anda dapat mengunduh e-SKKP (Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran) di aplikasi. E-SKKP ini harus Anda cetak dan ditukarkan ke Samsat terdekat dengan e-SKKP asli. Masa tenggat waktu penukaran adalah maksimal 30 hari sejak pembayaran.

Balik nama kendaraan

Untuk melakukan balik nama kendaraan, Anda perlu menyiapkan:

  1. STNK asli dan fotokopi
  2. BPKB asli dan fotokopi
  3. KTP pemilik kendaraan yang baru (asli dan fotokopi)
  4. Kuitansi pembelian yang ditandatangani pihak penjual, sebagai bukti bahwa bukan kendaraan curian

Kemudian Anda harus membawa semua dokumen tersebut beserta kendaraan Anda ke Samsat terdekat dengan alamat KTP Anda. Kendaraan akan dilakukan cek fisik berupa pengecekan nomor rangka dan nomor mesin. Anda akan menerima bukti cek fisik yang kemudian harus diserahkan ke loket pendaftaran beserta dokumen persyaratan lainnya.

Untuk pengurusan balik nama Anda perlu membayar sejumlah biaya yaitu:

  1. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)
  2. Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB)
  3. Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDDKLLJ)
  4. Biaya administrasi sebesar Rp25 ribu
  5. Denda jika ada keterlambatan pembayaran pajak kendaraan sebelumnya

Setelah melakukan pembayaran maka Anda dapat menunggu sampai STNK selesai hari itu juga. Sedangkan untuk BPKB yang baru membutuhkan waktu beberapa hari.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
Apakah ada usaha rumahan yang bisa dimulai tanpa modal? Apa saja? Kembali Terjawab Apakah ada usaha rumahan yang bisa dimulai tanpa modal? Apa saja? Oleh : Citra Nareswara Juni 18, 2020 Jawaban Lifepal 0 Komentar Ada. Di zaman semakin canggih, Anda bisa menjalani bisnis tanpa modal tapi menggunakan jaringan internet. Bermodalkan ponsel pintar yang sehari-hari untuk melihat Instagram, Anda bisa menjalani bisnis dropshipper maupun jasa titip. Yaitu sistem bisnis baru yang muncul karena perkembangan teknologi. Proses transaksi semuanya bisa dilakukan hanya lewat ponsel pintar, tinggal menentukan saja komoditas apa yang mau dijual. Nah, untuk mengetahui komoditas atau peluang usaha apa saja yang bisa dijalani tanpa modal, simak ulasannya lebih lengkap di sini! 0
914
1
Terjawab
Bagaimana cara untuk mengecek tunggakan BPJS? BPJS saya ditangguhkan dan tidak muncul pada saat ingin melakukan pembayaran. Bagaimana cara untuk mengecek tunggakan BPJS?
1.421
1
Terjawab
Apa yang harus dipelajari dan apa asuransi terbaik untuk gaji 3-4 juta? Halo, Lifepal.  Saya berusia 26 tahun dan saya baru menikah. Saya sempat kepikiran tentang asuransi setalah menikah. Tapi saya tidak tau sama sekali tentang asuransi, baik itu bagaimana cara daftar asuransi, apa saja yang perlu disiapkan, perusahaan mana yang bagus dan amanah serta istilah-istilah dalam asuransi. Untuk pemula seperti saya, apa yang harus saya pelajari dahulu sebelum saya memulai asuransi, tolong rekomendasikan asuransi yang cocok untuk gaji perbulan kurang lebih 3-4 juta. Terima kasih.
738
0
Bagaimana cara untuk menjadi wirausaha dengan gaji 3 juta rupiah? Halo, saya ingin bertanya. Saat ini, saya bekerja dengan gaji bulanan sebesar 3 juta rupiah dan memiliki keinginan untuk menjadi wirausaha. Kira-kira, bagaimana cara untuk menjadi wirausaha dengan gaji 3 juta rupiah per bulannya?
649
0
Apakah pesangon untuk karyawan kontrak 1,2 tahun yang di PHK? Saya bekerja di suatu perusahaan selama 1,2 tahun dengan status kontrak. Namun, saya akan di PHK dalam waktu dekat ini. Pertanyaan saya, apakah pesangon karyawan kontrak yang di phk tetap akan diterima? Dan apakah perhitungannya dengan masa kerja 1 tahun 2 bulan?
1.107
1
Terjawab