KUR untuk pedagang ikan keliling

Oleh : 
Oktober 27, 2020
Apakah saya boleh pinjam KUR, tetapi saya tidak punya surat ijin usaha karena jenis usaha saya pedagang ikan keliling?

Jawaban

Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar

Bisa Pak/Bu. Sejak tahun 2020, pemerintah menurunkan bunga KUR menjadi 6% dan keringanan dalam syarat-syarat pengajuan untuk KUR. Dan berita baiknya lagi plafon kredit yang diberikan juga meningkat dari Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta.

Jenis – jenis KUR Bank BRI

Bank yang sangat proaktif dalam menyalurkan KUR adalah Bank BRI.

Ada 3 jenis KUR yang ditawarkan BRI itu adalah KUR Mikro, KUR Ritel dan KUR TKI. Untuk KUR Mikro dan KUR Ritel, tujuannya sama-sama kepada pelaku usaha kecil atau koperasi yang produktif. Hanya saja yang membedakan adalah plafon kredit untuk KUR Ritel lebih besar daripada KUR Mikro, sehingga artinya bidang usaha yang dimiliki harus lebih punya penghasilan besar.Sementara itu untuk KUR TKI, ditujukan kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Produk ini diberikan kepada para TKI sebagai bentuk uang pinjaman berangkat bekerja ke luar negeri.

Jadi jangankan Bapak yang hanya pedagang ikan keliling, penjual perangkat kelontong saja juga bisa. Yang harus diperhatikan di sini adalah syaratnya.

Syarat KUR Mikro Bank BRI

Adapun syarat KUR Mikro dari Bank BRI adalah sebagai berikut:

  • Individu atau perorangan yang memiliki usaha produktif dan layak
  • Usaha/bisnis yang berjalan haruslah telah aktif minimal enam bulan
  • Tidak memiliki tanggungan kredit dari perbankan lain kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB dan Kartu Kredit
  • Wajib memenuhi persyaratan dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Surat Ijin Usaha (SIU)
  • Kalau Bapak tidak memiliki surat ijin usaha, cukup lampirkan surat keterangan dari kepala desa atau instansi pemerintah seperti RT/RW/KElurahan dll yang bisa memberikan surat keterangan yang menyatakan bahwa adalah benar Bapak adalah warga mereka dan profesi apak saat ini adalah penjual ikan keliling. Sebagai contoh, berikut saya lampirkan surat keterangan dari sebuah desa di Jambi, dari seorang kepala desa.

Untuk informasi lebih lanjut, baiknya memang ditanyakan langsung Bank BRI terdekat terkait pinjaman ini. Semoga sukses ya Pak/Bu. Terima kasih atas pertanyaannya.