Terjawab

Apakah saya harus punya asuransi kesehatan pribadi selain dari kantor?

Mei 26, 2020

Jawaban

Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
0 Komentar

Ya, membeli asuransi kesehatan pribadi tambahan di luar yang diberikan perusahaan tempat Anda bekerja perlu. Umumnya, BPJS maupun asuransi kesehatan yang diberikan kantor gak memberikan manfaat maksimal. Padahal, Anda punya tanggungan yang besar jika sudah berkeluarga.

Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa Anda perlu membeli asuransi kesehatan pribadi tambahan, di antaranya:

Nilai pertanggungan asuransi dari kantor rendah

Anda dapat membeli asuransi tambahan pribadi apabila nilai pertanggungan asuransi dari kantor dirasa kurang. Untuk memastikannya, Anda bisa mengecek berapa limit yang diterima di setiap pertanggungan perawatan medis. Membeli asuransi pribadi bisa membantu jika Anda nantinya membutuhkan perawatan medis dengan biaya besar seperti operasi. 

Gak ada pertanggungan penyakit kritis

Selain itu, Anda juga bisa membeli asuransi penyakit kritis pribadi bila salah satu keluarga kamu punya riwayat penyakit tersebut. Umumnya asuransi kantor gak meng-cover penyakit kritis seperti gagal ginjal, jantung, stroke, kanker, dan lain-lain. 

Padahal, biaya perawatannya sangat mahal dibandingkan penyakit biasa karena proses penyembuhannya yang lama atau bahkan perlu seumur hidup.

Gak menanggung persalinan dan rawat gigi

Biasanya persalinan dan rawat gigi masuk ke dalam pengecualian klaim asuransi dari kantor. Gak ada salahnya membeli asuransi tambahan yang menanggungnya karena biaya persalinan cukup tinggi, bisa sampai puluhan juta rupiah.

Gak berlaku buat anggota keluarga kamu yang lain

Ada juga perusahaan yang memberikan asuransi khusus untuk karyawannya saja. Sementara keluarga karyawan gak mendapat perlindungan. 

Maka, penting jika Anda melindungi setiap anggota keluarga dengan asuransi pribadi karena risiko sakit bisa terjadi pada semuanya.

Gak lagi berlaku jika kamu pindah tempat kerja

Keanggotaan asuransi karyawan biasanya hanya satu tahun saja. Bila Anda lanjut bekerja, maka masa asuransi bakal diperpanjang. Namun, jika Anda pindah tempat kerja, tentu asuransi gak bakal berlaku. 

Tentu bakal merepotkan jika Anda gak dapat asuransi tambahan di kantor baru tapi tiba-tiba jatuh sakit. Anda harus mengeluarkan biaya rumah sakit sendiri karena gak bisa mengajukan klaim ke asuransi.

Tambahan penghasilan

Asuransi kesehatan dari kantor mungkin hanya menggantikan biaya perawatan medis saja. Namun, ada juga produk lain bernama santunan harian tunai atau Hospital Cash Plan (HCP) yang bakal memberikan sejumlah uang tunai per hari kamu dirawat, misalnya Rp1 juta per hari. 

Konsep HCP gak melihat harga tagihan rumah sakit. Jadi misalkan Anda dirawat inap tiga hari, maka kamu bakal dapat uang tunai Rp3 juta.

Jika memang asuransi HCP-mu bisa double klaim, tentu bakal menjadi tambahan penghasilan buat keluarga. Uang tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain atau ditabung.

Demikian penjelasan tentang asuransi kesehatan pribadi. Semoga membantu!

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.