Apakah uang DP bisa Hangus?

Oleh : Deddy Wijaya
Oktober 27, 2020
Apakah uang DP bisa hangus walaupun tidak ada perjanjian waktu sebelumnya? Karena sudah jalan 1 tahun uang DP tersebut dan belum di lunasi sisa uang tersebut. Bagaimana ya hukum nya? Terima kasih.

Jawaban

Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar

Bisa. Namun tentunya itu tergantung dari kebijakan masing-masing developer. Apakah dp atau downpayment yang dimaksud adalah untuk pembelian property? Beberapa developer atau pengembang saat ini memberikan keringanan atas downpayment atau tanda jadi. Ada tanda jadi awal, yang biasanya hangus.

Baca Perjanjian Telebih Dahulu

Sementara misal untuk pembelian sebuah rumah, Anda diharuskan membayar downpayment sebesar 10-30%, sebaiknya Anda baca baik-baik terlebih dahulu bagaimana perjanjiannya. Downpayment sebensar 10-30% ini belum tentu akan hangus apabila Anda membatalkan pembelian atau kpr Anda tidak disetujui. Semua tergantung dari bagaimana isi surat perjanjian yang Anda tanda tangani ketika pertama kali hendak melakukan persetujuan pembayaran downpayment.

Ada perjanjian yang menyebutkan kalau tanda jadi awal (biasana sebesar Rp. 1-10 juta rupiah) sajalah yang hangus, diluar adri 10-30% downpayment. Dan ada pemotongan biaya administrasi, seperti biaya apraisal, dan biaya perbankan lainnya yang mungkin timbul akibat prosesi pembelian ini. Ada juga perjanjian yang menyebutkan adanya pemotongan pengembalian downpayment. Bisa secara keseluruhan bisa sebagian. Semua tergantung bagaimana kebijakan developer atau pengembang dalam membuat perjanjian jual beli di awal.

Apabila Anda memutuskan untuk membatalkan pembelian, biasanya developer atau pengembang akan menawarkan alternatif pembayaran lain yang mungkin lebih sesuai untuk Anda. Apalagi dalam situasi pandemi seperti ini, beberapa developer akan menawarkan cuti bayar atau keringanan pembayaran dp hingga 3 bulan ke depan, sehingga Anda akan memiliki waktu untuk bisa merestrukturisasi kembali keuangan Anda terlebih dahulu.

Konsultasikan pada Perencana Keuangan

Seorang perencana keuangan akan mampu membantu anda menghitung kemampuan keuangan Anda dan memberikan nasihat keuangan terkait pembelian properti. Saran saya, konsultasikan dulu pada pihak perbankan atau perencana keuangan agar pengajuan kpr Anda tidak ditolak, sehingga Anda tidak harus kehilangan uang lebih banyak lagi karena resiko gagal bayar sehingga downpayment atau tanda jadi yang Anda sudah bayarkan hangus.