Terjawab

Apakah uang yang dibayar untuk asuransi akan dikembalikan?

Oleh : 
Januari 5, 2021

Halo, saya sudah membayar untuk polis asuransi BCA. Saya ingin bertanya, apakah uang yang saya bayarkan untuk polis tersebut akan dikembalikan? Terima kasih.

Jawaban

Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
0 Komentar

Hi, untuk produk asuransi murni pada umumnya tidak mengembalikan premi yang sudah dibayarkan. Namun, beberapa polis memberikan manfaat pengembalian premi untuk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Untuk melihat keterangan manfaat tersebut, kamu bisa membaca rangkuman manfaat pada polis asuransi atau bertanya langsung kepada customer service Lifepal jika membeli asuransi melalui Lifepal.

Salah satu contoh produk asuransi yang memberikan pengembalian premi adalah produk asuransi jiwa dengan pengembalian premi (Asuransi Jiwa RoP/Return of Premium). Asuransi jiwa dengan pengembalian premi adalah produk asuransi jiwa yang akan mengembalikan premi nasabah setelah masa pertanggungan berakhir.

Nasabah bisa mendapatkan persentase pengembalian premi yang beragam, mulai dari 50 persen, 75 persen, hingga di atas 100 persen! Namun, tidak semua produk asuransi jiwa menawarkan manfaat yang biasa disebut Return on Premium (ROP) atau no claim bonus ini.

Apa Saja Keuntungan Asuransi dengan Pengembalian Premi?

Berikut adalah beberapa manfaat asuransi jiwa dengan pengembalian premi.

1. Mengajukan klaim atau tidak, nasabah tetap untung

Nasabah asuransi jiwa ROP mendapat keuntungan ganda. Jika mengajukan klaim, nasabah akan mendapatkan uang pertanggungan berkali lipat jumlah premi. Jika tidak mengajukan klaim, uang premi tetap kembali.

2. Mendapatkan proteksi sekaligus pertumbuhan aset

Beberapa produk asuransi jiwa ROP memberikan pengembalian premi di atas 100 persen. Artinya selain mendapatkan proteksi jiwa, nilai premi kita juga berkembang.

Tips Memilih Asuransi Jiwa dengan Pengembalian Premi Terbaik

Sebelum membeli asuransi jiwa ROP untuk mengatur keuangan jangka panjang, perhatikan tips berikut agar tidak menyesal.

Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan

Asuransi, termasuk ROP, berperan sebagai pengeluaran dan bukan aset investasi dalam pencatatan keuangan. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam memilih produk. Pastikan hanya membeli asuransi yang kita butuhkan saja.

Selain itu, pertimbangkan juga kesanggupan dalam membayar premi. Jangan sampai keuangan terbebani untuk membayar asuransi. Menurut konsultan keuangan, rasio yang pas untuk membeli asuransi adalah 3-5% dari pendapatan bulanan.

Pastikan perusahaan asuransi punya rekam jejak baik

Umumnya, asuransi jiwa premi kembali menawarkan masa pertanggungan yang cukup panjang, misalnya 10 atau 15 tahun. Oleh sebab itu, pastikan perusahaan asuransi yang kita pilih memiliki rekam jejak yang baik.

Kita bisa mencari informasi lewat pemberitaan di media online untuk mengetahui rekam jejak perusahaan. Periksa komplain apa saja yang ditujukan kepada perusahaan dan bagaimana legalitasnya.

Selain itu, kita perlu mengecek rasio solvabilitas dalam laporan keuangan perusahaan. Rasio solvabilitas adalah indikator yang mencerminkan kemampuan perusahaan dalam membayar utang jangka panjangnya, salah satunya klaim nasabah. Apabila angkanya di atas 120 persen, artinya perusahaan tersebut sehat secara finansial.

Besaran premi dan uang pertanggungan harus proporsional

Pastikan uang yang kita keluarkan untuk membayar asuransi sesuai dengan yang kita dapatkan. Caranya, bandingkan berbagai polis yang ada di pasaran menggunakan marketplace seperti Lifepal.

Pahami dokumen polis sebelum membeli asuransi

Hal ini seringkali diabaikan oleh beberapa nasabah asuransi. Mereka sering tidak membaca polis dengan teliti dan percaya saja apa yang disampaikan oleh agen. Akibatnya? Kekecewaan terhadap asuransi.

Padahal, semua syarat dan ketentuan terkait asuransi pasti tertulis dalam dokumen polis. Selain itu, jika ada hal yang tidak sesuai, kita punya hak untuk menuntut perusahaan karena sudah tercatat di atas tinta hitam.

Memang, dokumen polis sangat panjang untuk dibaca. Namun, penyedia asuransi biasanya memberikan waktu untuk kita mempelajarinya selama kurang lebih dua minggu (free look period, Kalau ada yang kurang cocok, kita bisa membatalkan pemesanan asuransi tanpa terkena biaya.

Jika ada pertanyaan lain seputar asuransi, jangan ragu untuk tanya di Tanya Lifepal ya!

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.