Terjawab

Apakah untuk buka usaha harus selalu dengan cara berutang? Apakah bisa memiliki modal usaha dari hasil menjadi juru parkir kendaraan?

Oleh : Rajini Madana
September 21, 2020

Jawaban

Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Perencana Keuangan, fasilitator Financial Planning Class & CFP Preparation Class, Pembicara, Narasumber
0 Komentar

Jika ditanya : “ Untuk buka usaha, perlukah berutang ? “ Saya akan menjawab mungkin iya. Akan tetapi jika ditanya : “ Untuk memulai usaha, apakah harus selalu berutang ? “ Belum tentu.

Saat Anda memutuskan untuk terjun ke dunia usaha, sudah seharusnya Anda memiliki model bisnis yang jelas. Jika Anda sudah mempunyai modal yang cukup untuk membangun usaha, ini gak akan jadi masalah. Bagaimana jika ternyata modal yang Anda kumpulkan belum cukup ? Banyak sekali pelaku usaha melakukan pinjaman usaha.

Yang perlu diingat adalah, bahwa ketika Anda memutuskan untuk meminjam modal usaha, maka Anda punya kewajiban untuk melakukan pengembalian sampai lunas. Pastikan Anda sudah menghitung dengan teliti, sehingga pinjaman modal usaha yang Anda peroleh dapat memberikan manfaat maksimal untuk usaha yang Anda jalankan.

Selain dengan cara berutang, masih banyak cara untuk memperoleh modal usaha, salah satunya adalah dari simpanan yang disisihkan secara rutin. Apakah ini termasuk juga dari hasil jerih payah saat menjadi juru parkir kendaraan ? Tentu saja !

Semoga Bermanfaat.

Salam,

Erlina Juwita