Terjawab

Apakah untuk buka usaha harus selalu dengan cara berutang? Apakah bisa memiliki modal usaha dari hasil menjadi juru parkir kendaraan?

Oleh : Rajini Madana
September 21, 2020

Jawaban

Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
0 Komentar

Jika ditanya : “ Untuk buka usaha, perlukah berutang ? “ Saya akan menjawab mungkin iya. Akan tetapi jika ditanya : “ Untuk memulai usaha, apakah harus selalu berutang ? “ Belum tentu.

Saat Anda memutuskan untuk terjun ke dunia usaha, sudah seharusnya Anda memiliki model bisnis yang jelas. Jika Anda sudah mempunyai modal yang cukup untuk membangun usaha, ini gak akan jadi masalah. Bagaimana jika ternyata modal yang Anda kumpulkan belum cukup ? Banyak sekali pelaku usaha melakukan pinjaman usaha.

Yang perlu diingat adalah, bahwa ketika Anda memutuskan untuk meminjam modal usaha, maka Anda punya kewajiban untuk melakukan pengembalian sampai lunas. Pastikan Anda sudah menghitung dengan teliti, sehingga pinjaman modal usaha yang Anda peroleh dapat memberikan manfaat maksimal untuk usaha yang Anda jalankan.

Selain dengan cara berutang, masih banyak cara untuk memperoleh modal usaha, salah satunya adalah dari simpanan yang disisihkan secara rutin. Apakah ini termasuk juga dari hasil jerih payah saat menjadi juru parkir kendaraan ? Tentu saja !

Semoga Bermanfaat.

Salam,

Erlina Juwita

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.