Terjawab

Apakah yang dimaksud dengan Initial Public Offering (IPO)?

3 hari ago

Sebelum memulai berinvestasi, saya ingin mengetahui apa itu IPO agar nanti tidak buta dengan istilah-istilah saham. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Jawaban

Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
0 Komentar

Apa itu Initial Public Offering (IPO)?

IPO adalah singkatan dalam Bahasa Inggris yaitu initial public offering atau Penawaran Umum Perdana. Proses ini adalah proses di mana perusahaa melepas sejumlah saham yang dimilikinya ke investor atau masyarakat untuk pertama kalinya. Sederhananya, tujuan dari IPO adalah mendapatkan dana segar untuk segala kegiatan bisnis tanpa harus meminjam dana ke bank. Dana tersebut bisa saja digunakan untuk pengembangan bisnis, membayar utang, memperbaiki kinerja keuangan, dan lainnya.

Manfaat IPO bagi Perusahaan

Meskipun tujuan dari IPO adalah mendapatkan dana segar, IPO tentu memiliki banyak manfaat bagi sebuah perusahaan. Beberapa di antaranya adalah:

Meningkatkan Nilai Perusahaan

Hal itu disebabkan karena saham perusahaan yang bersangkutan bisa ditransaksikan di pasar sekunder. Ketika kinerja operasional dan keuangan perusahaan naik, maka investor pun tertarik membeli saham perusahaan tersebut. Semakin banyak investor melakukan pembelian, maka harga saham perusahaan itupun berpotensi menguat.

Citra Perusahaan Meningkat

Dengan melakukan IPO, maka perusahaan tersebut akan go public. Informasi dan berita seputar perusahaan bisa diakses di Bursa Efek Indonesia (BEI), perusahaan pun akan sering diliput media.

Mendapat Insentif Pajak

Perusahaan yang go public juga akan mendapat insentif pajak dari Pemerintah RI. Peraturan Pemerintah No. 56 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2013 Tentang Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Bagi Wajib Pajak Badan Dalam Negeri Yang Berbentuk Perseroan Terbuka.

Tahapan Melakukan IPO

Untuk melakukan IPO, perusahaan harus melewati empat tahapan. Pertama adalah menunjuk underwriter (penjamin emisi), mengajukan permohonan ke BEI dan OJK, melakukan penawaran umum saham ke publik selama 1 hingga 5 hari kerja, dan melakukan pencatatan/perdagangan saham di BEI.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Perencana Keuangan, fasilitator Financial Planning Class & CFP Preparation Class, Pembicara, Narasumber
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.