Terjawab

Bagaimana bila karyawan memiliki saham perusahaan tempat ia bekerja?

Oleh : Tiwi Radmila
Januari 19, 2021

Apa positif dan negatifnya bila karyawan memiliki saham perusahaan di mana dia bekerja? Mohon infonya, terima kasih.

Jawaban

Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
0 Komentar

Peningkatan Kinerja Perusahaan Melalui Employee Stock Ownership Program

Sebagai seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, dalam hal ini perusahaan terbuka, ketika mereka bekerja di perusahaan yang secara Track Record sangat baik, biasanya perusahaan tersebut menyediakan Employee Stock Ownership Program (ESOP), atau program kepemilikan saham oleh karyawan. Tujuan akhirnya tentu adalah agar kinerja perusahaan bisa meningkat terus kedepannya.

Namun apa kaitannya karyawan yang memiliki saham perusahaan dengan kinerja perusahaan? Nah jika seorang karyawan diberikan atau memiliki saham perusahaan dimana ia bekerja, maka rasa kepemilikan terhadap perusahaan akan meningkat, karena itu si karyawan akan bekerja semakin baik kedepannya dan pada akhirnya akan berdampak ke karyawan lainnya yang membuat kinerja operasional semakin efisien dan pertumbuhannya pun menjadi lebih pesat.

Mengalami Kerugian dari Penurunan Harga Saham

Selain hal-hal positif, tentu saja selalu ada hal negatifnya dilain sisi. Nah apa saja sih efek negatifnya jika seorang karyawan memiliki saham di perusahaan ia bekerja?

Jika si karyawan salah memilih perusahaan dimana ia akan bekerja, dimana maksudnya adalah Track Record perusahaan kurang baik, kinerjanya juga buruk dan prospeknya sudah tidak lagi cerah, maka jika si karyawan memiliki saham dengan ciri-ciri perusahaan seperti yang baru disebutkan, tentu pertama, si karyawan akan cepat atau lambat mengalami kerugian karena penurunan dari harga saham, dan yang kedua Track Record dia sendiri akan menjadi kurang baik jika nantinya ia akan melamar ke perusahaan lain.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.