Terjawab

Bagaimana cara beli saham perusahaan publik di luar negeri?

Oleh : robighani
Januari 12, 2021

Bagaimana cara beli saham perusahaan publik di luar negeri, apakah sama dengan di dalam negeri?

Jawaban

Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
0 Komentar

Data Bank Dunia menunjukkan, kapitalisasi pasar saham AS pada tahun 2018 adalah USD 33.07 triliun, sedangkan kapitalisasi pasar saham Indonesia adalah USD 486.76 miliar. Sementara itu, jumlah perusahaan publik yang tercatat di AS pada 2018 mencapai 4.397. Negeri Paman Sam memang memiliki pasar saham terbesar di dunia, tidak heran jika minat berinvestasi di pasar saham AS memang cukup tinggi. Dengan perkembangan teknologi saat ini, investasi tak lagi mengenal batas. Membeli saham perusahaan luar negeri juga menjadi semakin mudah. Pembukaan rekening saham bisa dilakukan melalui broker. Sejatinya ada perusahaan broker yang bisa memfasilitasi transaksi saham di luar negeri yaitu Interactive Broker dan Etoro.

Pembukaan Rekening Saham Luar Negeri Tidak Berbeda dengan Akun Saham pada Umumnya

Pastikan bahwa perusahaan broker tersebut memiliki legalitas yang jelas. Proses pembukaan rekening saham broker saham luar negeri sejatinya tidak memiliki perbedaan signifikan dengan akun saham pada umumnya. Setelah akun dibuka, maka Anda pun diminta melakukan deposit dana untuk modal membeli saham. Prosesnya bisa dilakukan dengan wire transfer atau bisa juga dengan kartu kredit.

Tidak Ada Ketentuan Pembelian Lembar Saham di Bursa AS

Ketahuilah bahwa ada kurs nilai tukar terhadap Rupiah di saat Anda melakukan deposit dana. Patut diketahui bahwa ketentuan membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) minimal 1 lot atau 100 lembar saham, hal itu tidak berlaku di bursa asing sebut saja di Amerika Serikat. Di bursa AS, Anda bisa membelinya dalam jumlah 1 lembar saja.

Pahami Tujuan Investasi sebelum Berinvestasi di Luar Negeri

Namun sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi saham di luar negeri, pastikan saja bahwa Anda sudah memahami tujuan investasi Anda. Tanyakan lah baik-baik ke diri Anda sendiri, “Mengapa Anda harus berinvestasi dengan membeli saham perusahaan luar negeri? Berapa dana yang Anda butuhkan untuk merealisasikan tujuan-tujuan keuangan Anda, sampai akhirnya Anda harus memilih saham perusahaan luar negeri?” Selain itu, Anda pun setidaknya sudah memiliki pengalaman berinvestasi saham di BEI dan memahami analisa fundamental dengan baik.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.