Terjawab

Bagaimana cara investasi 1 juta per bulan dengan pendapatan 5 juta?

Oleh : adhiwira
Januari 5, 2021

Saya masih single dan ngekos di dekat kantor. Saat ini, saya bergaji Rp5 juta per bulan dan ingin menyisakan Rp1 juta setiap bulan untuk menabung investasi.

Bagaimana cara saya menabung investasi dengan pendapatan tersebut?

Jawaban

Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
0 Komentar

Menabung dan investasi adalah dua kegiatan yang berbeda. Menabung untuk tujuan keuangan jangka pendek, sedangkan investasi untuk tujuan keuangan jangka panjang. Karena tujuannya berbeda maka strategi yang digunakan juga berbeda. Namun Rp1 juta sudah sangat cukup untuk memulai dua hal tersebut.

Pentingnya Memiliki Dana Darurat

Apakah kamu sudah memiliki dana darurat? Jika belum, sebaiknya kamu mulai menabung untuk mengumpulkan dana darurat. Dana darurat berguna agar kamu selalu mempunyai akses ke quick cash, apabila hal yang tidak diinginkan terjadi. Rule of thumb-nya adalah 6-12 kali dari pengeluaran bulananmu. Dana darurat disimpan di tabungan biasa karena likuid (gampang dicairkan sebagai cash). Alternatif instrumen yang menghasilkan return adalah deposito yang bisa dicairkan sewaktu-waktu atau reksa dana pasar uang, namun sebaiknya tidak seluruh dana darurat disimpan di dua instrumen ini, harus ada yang tetap disimpan di tabungan biasa.

Ketahui Tujuan Investasi dan Profil Risiko Anda

Setelah memiliki persediaan dana darurat yang cukup, kamu bisa mulai investasi. Sangat banyak pilihan dan cara berinvestasi, oleh karena itu sebaiknya kamu tahu tujuan investasi dan profil risikomu agar pilihan investasi sesuai dengan dirimu.

Investasi yang Bisa Dimulai dengan Rp 1 Juta

Beberapa pilihan investasi yang bisa dimulai dengan Rp1 juta adalah:

Reksa Dana

Reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi, alokasi aset sesuai dengan apa yang tertulis di prospektus. Ada berbagai macam jenis reksa dana antara lain reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, dan reksa dana campuran. Return-nya berbeda antara satu produk dengan produk lainnya, baca dokumen fund fact sheet untuk mengetahui return historisnya.

Saham

Benchmark pergerakan harga saham Indonesia adalah IHSG (indeks harga saham gabungan). Rata-rata return tahunan IHSG selama 10 tahun terakhir ada di angka 11%. Sebelum berinvestasi secara spesifik di sebuah perusahaan, ada baiknya untuk mengetahui bisnis perusahaan dan kinerja saham tersebut.

Peer to Peer

Platform peer to peer memberi kesempatan kepada investor untuk meminjamkan uang secara langsung ke badan usaha atau orang yang sedang membutuhkan. Peer to peer adalah investasi yang cukup agresif, namun tingkat imbal hasilnya juga cukup menarik. Umumnya peer to peer berupa pinjaman, jadi tingkat pengembaliannya bisa dilihat langsung.
Setiap investasi memiliki return and risk-nya. Oleh karena itu harus bijak memilih investasi yang tepat untuk diri sendiri.

 

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.