Terjawab

Bagaimana cara investasi reksadana yang menguntungkan?

Oleh : gordas
3 hari ago

Sebagai investor pemula saya tertarik membeli reksadana, bagaimana cara investasi reksadana yang menguntungkan?

Jawaban

Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
0 Komentar

Apa itu Reksa Dana?

Menurut Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995, seperti yang dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), reksa dana merupakan salah satu wadah yang digunakan masyarakat untuk menghimpun dana. Penjelasannya cukup sederhana. Masyarakat melakukan urunan dana dan setelah terkumpul, dana tersebut lantas akan dikelola sebagai bentuk investasi oleh manajer investasi ke dalam portofolio efek. Portofolio efek itu di antaranya meliputi kumpulan surat berharga, seperti saham, obligasi, deposito dan lain sebagainya.

Hal yang Dapat Dilakukan untuk Memilih Reksa Dana

Untuk memilih reksa dana, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan yaitu:

Mengenali Manajer Investasi dengan Baik

Mencari tahu soal rekam jejak manajer investasi (MI) adalah hal wajib yang harus dilakukan investor. Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, sangat mudah untuk mengetahui apakah MI yang kita tuju pernah terlibat kasus, atau pelanggaran hukum lainnya. Bacalah prospektus reksa dana dengan cermat, dan lakukan pencarian di media untuk mengenali reputasi MI yang Anda tuju.

Kenali Risiko dan Tujuan Investasi Anda

Reksa dana memiliki jenis yang berbeda-beda dan hal itu dibedakan dari underlying asset reksa dana tersebut. Ada reksa dana pasar uang yang memiliki aset dasarnya adalah instrumen pasar uang, pendapatan tetap yang mayoritas aset dasarnya adalah obligasi atau instrumen utang, reksa dana saham yang sebagian besar aset dasarnya adalah saham, atau campuran.

Masing-masing reksa dana memiliki tingkat risiko yang berbeda. Mereka yang lebih cenderung menghindari risiko lebih cocok dengan reksa dana pasar uang, untuk yang moderat pilihannya ada pendapatan tetap dan campuran, namun jika agresif maka bisa mencoba reksa dana saham. Tingkat fluktuasi dari masing-masing juga berbeda. Reksa dana campuran dan saham memiliki fluktuasi nilai yang cukup tinggi oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan instrumen ini jika Anda memiliki tujuan investasi jangka panjang. Sementara itu, untuk tujuan jangka pendek atau menengah, Anda bisa memilih reksa dana pendapatan tetap.

Cek Kinerja Reksa Dana dengan Cermat

Jangan hanya berpatok pada besaran imbal hasil tahunan saja untuk menilai kinerja sebuah reksa dana, gunakan perbandingan dengan membandingkan kinerjanya dengan indeks acuan (Indeks Harga Saham Gabungan, Indeks Obligasi Pemerintah, dan lainnya). Perhatikan pula besaran drawdown yang menunjukkan besarnya kerugian maksimal reksa dana yang ingin Anda beli.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Perencana Keuangan, fasilitator Financial Planning Class & CFP Preparation Class, Pembicara, Narasumber
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.