Bagaimana cara investasi reksadana?

Oleh : Adika Fitri
6 hari ago

Jawaban

Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
0 Komentar

Reksa dana adalah bentuk investasi kolektif di mana kamu (dan orang lain) dapat menitipkan sejumlah dana ke pengelola reksa dana. Manajer investasilah yang akan memilih secara spesifik aset apa saja yang akan masuk ke dalam portofolio investasi tersebut. Reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang ramah untuk pemula karena biaya mulainya cukup murah, tidak perlu stock picking, dan ada manajemen risiko dari diversifikasi.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk mulai investasi reksa dana:

Pilih Jenis Reksa Dana

Ada 4 jenis reksa dana berdasarkan aset dalam portofolionya, yaitu:

  • Reksa dana pasar uang, di mana seluruh dananya diinvestasikan ke dalam instrumen pasar uang seperti deposito dan obligasi yang jatuh tempo kurang dari 1 tahun.
  • Reksa dana pendapatan tetap, di mana 80% atau lebih dananya diinvestasikan ke dalam instrumen pendapatan tetap seperti obligasi dan sukuk.
  • Reksa dana saham, di mana 80% atau lebih dananya diinvestasikan ke dalam saham perusahaan terbuka.
  • Reksa dana campuran, di mana dananya bisa diinvestasikan lebih fleksibel pada produk pasar uang, pendapatan tetap, atau saham.

Aktif atau Pasif?

Reksa dana dapat dikelola secara aktif atau pasif. Reksa dana aktif artinya manajer investasi berusaha memberikan return di atas rata-rata acuan (misal IHSG, LQ45, IDX30, dll) dengan melakukan pemilihan aset-aset tertentu, fee kelolanya lebih mahal. Sedangkan reksa dana pasif artinya manajer investasi berusaha menyamai kinerja pasar dengan meniru komposisi portofolio indeks acuan, fee kelolanya lebih murah.

Persiapkan Dana

Salah satu strategi investasi yang umum digunakan untuk investor long term adalah dollar cost averaging, artinya melakukan penambahan dana investasi secara rutin per periode waktu tertentu. Maka perlu dipersiapkan sumber dana untuk investasi.

Beli Di mana?

Reksa dana bisa dibeli langsung ke manajer investasi atau melalui agen penjual. Untuk kemudahan, ada agen penjual yang menawarkan reksa dana secara online.

Baca Prospektus dan Fund Fact Sheet

Sebelum memilih suatu reksa dana, ada baiknya kamu mengetahui informasi seperti fee, risiko, isi portofolio, kinerja, dll. Informasi-informasi tersebut bisa didapatkan dalam dokumen prospektus dan fund fact sheet masing-masing reksa dana.