Terjawab

Bagaimana cara kita berbelanja supaya lebih hemat?

Oleh : monadara
November 18, 2020
Halo, nama saya Mona, seorang ibu rumah tangga dengan dua anak. Di masa pandemi seperti saat ini, tentu saja kita harus banyak berhemat. Apalagi, saya seorang ibu rumah tangga yang dituntut memiliki keahlian mengatur keuangan dengan baik. Nah, bagaimana caranya kita berbelanja supaya lebih hemat?

Jawaban

Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
0 Komentar

Masa pandemi ini menjadi masalah bersama semua kalangan. Dalam keadaan yang banyak ketidakpastian kapan masa ini akan berakhir maka berhemat menjadi hal yang sangat penting dan harus dilakukan semua orang. Tetapi di satu sisi, pengeluaran untuk keperluan hidup bulanan tidak bisa dihindari. Yang bisa dilakukan adalah memilah-milah pengeluaran kita. Cara memilahnya adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buat catatan pengeluaran bulanan yang selama ini dilakukan. Breakdown pengeluaran tersebut secara terinci, termasuk pengeluaran-pengeluaran kecil sekalipun yang sering kita keluarkan. Lakukan sejujur mungkin dan sedetail mungkin agar kita bisa melihat porsi pengeluaran kita sesungguhnya.
  • Buat prioritas dari catatan pengeluaran yang sudah kita breakdown tadi. Buat urutan berdasarkan kepentingan yang paling utama. Pembayaran cicilan hutang harus yang paling utama sedangkan kebutuhan harian jadi yang paling akhir.
  • Dari daftar perioritas tersebut sortir mana pengeluaran yang tidak terlalu penting dan bisa dihilangkan. Pastikan hal ini tidak akan mengganggu kehidupan normal anda dan harus berani mengambil keputusan serta tidak banyak pembenaran.
  • Gunakan dana dari porsi yang dihilangkan tadi untuk porsi dana darurat. Hal ini penting karena kita tidak pernah tahu kapan masa pandemic ini akan berakhir dan apakah keuangan kita bisa selalu stabil.
  • Cerdas dan cermat dalam menentukan pengeluaran untuk berbelanja dengan mencari alternative harga yang lebih murah dengan kualitas yang sama. Bukan berarti juga setiap harga murah atau diskon boleh anda beli, balik lagi apakah ini prioritas atau tidak.
  • Buat komitmen bersama keluarga, karena jika anda berjalan sendiri maka semua ini akan berat yang akhirnya anda sendiri harus banyak bertoleransi dan akhirnya tidak jadi berhemat.