Terjawab

Bagaimana cara melunasi hutang dengan penghasilan tertentu?

Oleh : 
Januari 5, 2021

Bagaimana cara saya dapat melunasi hutang Rp 20.000.000 dengan penghasilan Rp 4.000.000 per bulan? Mohon sarannya ya Pak/Bu. Terima kasih.

Jawaban

Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
0 Komentar

Tentukan Apakah Hutang yang Dimiliki Berupa Cicilan atau Bukan

Untuk hutang yang Bapak atau Ibu miliki ini apakah berupa cicilan atau bukan, harus kita pertegas di awal. Karena jika bukan berupa cicilan, maka rasanya harus dibuat cicilan atau Anda mencicil secara manual tiap bulan secara mandiri di instrument investasi yang minim resiko seperti reksa dana pasar uang. Dan harus dipastikan apakah ada tanggal jatuh temponya atau tidak, sehingga kita mudah dalam menentukan target berapa yang harus disisihkan dari penghasilan Anda.

Tentukan Hutang yang Dimiliki Berupa Barang atau Bukan Barang

Lalu apakah hutang ini untuk keperluan konsumsi, jasa atau berupa barang? Jika dalam berupa barang dan sekiranya ini membebani hidup Anda sedangkan jika tanpa barang tersebut hidup Anda masih bisa berjalan maka Anda bisa menjual kembali barang tersebut. Jika bukan berupa barang, maka Anda bisa menjual asset barang Anda yang lain jika Anda memiliki.
Lalu jika hutang tersebut adalah berupa cicilan yang Anda memang harus bayar setiap bulan dan ada jangka waktunya, maka Anda bisa melakukan penyesuaian dalam anggaran pengeluaran dari penghasilan Anda. Harus jelas dulu berapa nominal cicilan yang harus Anda bayarkan. Apakah cicilan tersebut jumlahnya melebihi 30% dari penghasilan Anda atau sejumlah lebih dari Rp 1.200.000? Jika iya maka Anda harus banyak melakukan pengetatan pengeluaran, karena jumlah uang yang bisa Anda jadikan konsumsi bulanan harus dikurangi.

Membuat Prioritas Hutang yang Harus Dilunasi Lebih Dahulu

Satu hal lagi, perlu diperjelas apakah hutang ini hanya ada satu jenis atau kumpulan dari hutang-hutang yang Anda miliki. Jika ini merupakan kumpulan dari beberapa jenis hutang, maka tolong dibuat prioritas mana yang harus Anda lunasi lebih dahulu. Dan lakukan negosiasi akan jangka waktu pelunasan kepada pihak pemberi pinjaman sesuai prioritasnya tadi.

Mencari Tambahan Penghasilan

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mencari tambahan penghasilan, entah dengan Anda bikin usaha atau menjadi distributor barang-barang tertentu sebagai pekerjaan tambahan Anda. Atau jika Anda memiliki skill dan waktu, bisa melakukan dua pekerjaan sekaligus sebagai sumber utama penghasilan.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.