Terjawab

Bagaimana cara menabung agar cepat terkumpul banyak?

Oleh : Kamala Calya
Oktober 26, 2020

Jawaban

Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
0 Komentar

Bagaimana cara menabung agar cepat terkumpul banyak?
Berikut ini beberapa tips yang saya sarankan sebagai cara menabung agar uang cepat terkumpul banyak.

Mulailah Menabung

Sisihkan di awal untuk ditabung, bukannya uang sisa. Jadikanlah dana tabungan sebagai alokasi prioritas bukan pilihan alokasi karena ada sisa dana. Mulai segera. Waktu terbaik menabung adalah kemarin dan waktu kedua terbaik adalah saat ini. Lakukan segera dan tak perlu menunggu, apa pun alasannya. Sisihkan minimal 10% dari penghasilan untuk dana tabungan.

Komitmen & Rutin

Jadikanlah kegiatan menabung sebagai keharusan, misalnya dengan meminta auto debit dari bank dari rekening payroll ke rekening tabungan berjangka. Jangan hanya menabung, tapi investasi. Setelah dana tabungan mencukupi sebagai dana darurat, alihkan alokasi tabungan tiap bulan sebagai alokasi investasi untuk menjaga nilai uang.

Tentukan Nilai Tabungan & Tujuannya

Tetapkan nilai tabungan di masa depan dan hitung dana yang harus disisihkan. Nilai tabungan yang diharapkan di masa depan tergantung pada tujuan penggunaan uang tabungan itu sendiri. Apakah uangnya untuk biaya pendidikan? Membeli mobil? Atau uang muka KPR? Dari tujuan-tujuan finansial tersebut, kamu bisa mempersiapkan berapa besar dana tabungan yang harus dicapai di masa depan.

Ada beberapa komponen perhitungan nilai tabungan di masa depan, yaitu:

  • Saldo awal yang siap saat ini untuk ditabung.
  • Nilai akhir tabungan di masa depan.
  • Persentase bunga simpanan selama setahun.
  • Lama waktu menabung.

Berdasarkan komponen-komponen tersebut, perhitungkan dana yang disisihkan tiap bulan untuk ditabung dengan kalkulator menabung bulanan.

Bagaimana Mengumpulkan Banyak Uang dengan Investasi?

Investasi pada dasarnya bertujuan menjaga nilai mata uang dari efek negatif inflasi. Nilai uang saat ini (present value) tidak berarti lagi di masa depan akibat inflasi. Di sinilah investasi berperan dalam menciptakan nilai aset di masa depan (future value) agar nilai saat ini tetap berarti.

Walaupun menjaga nilai uang, tak sedikit investor yang memperoleh banyak uang di masa depan karena berinvestasi. Umumnya investasi dilakukan di pasar modal dengan menempatkan dana di instrumen-instrumen berikut ini.

  • Saham
  • Obligasi
  • Reksadana
  • Exchange Traded Fund (ETF)
  • Derivatif

Mau mengenal lebih jauh pasar modal dan instrumen-instrumennya? Berikut ini beberapa artikel yang sangat bagus untuk dibaca.
Pengertian Pasar Modal, Fungsinya, dan Instrumennya
Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal [Plus Instrumennya]
Apa Itu Pengertian Saham dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Cara Investasi Saham bagi Pemula [Plus Tips Belajar Saham]
Belajar Trading Saham Online Sekaligus Caranya bagi Pemula
Apa Untungnya Investasi Reksa Dana?
Pengertian Obligasi dan Keuntungannya [Plus Contohnya]