Terjawab

Gaji hanya 5jt/bulan dengan tanggungan 3 anak. Bagaimana cara menabung dari gaji yang kecil?

November 13, 2020
Halo, saya pegawai swasta tinggal di Jakarta, gaji hanya 5jt/bulan. Saya punya tanggungan 3 orang anak + 1 orang isteri. Saya juga punya utang KPR dan kredit mobil yg harus dibayarkan setiap bulannya. Setiap bulan kami cukup pas-pasan dalam memenuhi kebutuhan pokok kami, terasa sangat sulit untuk menabung, meski kami tahu itu sangat penting. Saya ingin sekali bisa menabung terutama untuk biaya pendidikan anak saya di masa mendatang. Apa ada tips untuk menabung dari gaji seperti saya? Berapa banyak yg seharusnya harus saya sisihkan?

Jawaban

Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
0 Komentar

Besar kecilnya dana yang bisa ditabung dipengaruhi oleh bagaimana kita mengatur pengeluaran dari gaji, seberapa pun nominal gaji yang kita dapat.

Gaji yang kecil bukan halangan untuk bisa menyisihkan dana untuk tabungan, tetapi mulai mengatur porsi untuk menisihkan dana tabungan tersebut.

Porsi Ideal Menabung

Idealnya porsi yang disisihkan untuk dana tabungan atau investasi adalah sebesar 10 persen dari gaji yang didapat setiap bulannya.

Untuk ukuran porsi ideal secara keseluruhan pengeluaran dari gaji adalah 10-20-30-40. 10 % digunakan untuk amal, 20% untuk investasi (10%) dan asuransi (10%), 30% pembayaran hutang dan sisanya 40% adalah untuk konsumsi pribadi bulanan.

Porsi ini tentunya masih bisa disesuaikan sesuai dengan pengeluaran yang sudah dilakukan selama ini.

Misalkan saat ini porsi pembayaran hutang masih di bawah 30%, artinya masih ada sisa dana yang bisa digunakan untuk porsi investasi atau asuransi.

Tentunya tidak disarankan untuk masuk ke porsi konsumsi pribadi supaya ketika porsi hutang kita bertambah nantinya tidak membuat kita untuk merubah konsumsi pribadi yang biasanya paling sulit dirubah.

Memulai Menabung

Dan saran terbaik untuk memulai menabung atau investasi, miliki tujuan yang spesifik. Sebagai contoh tujuan yang paling mendasar adalah sebagai persiapan dana darurat.

Gunakan instrument tabungan atau investasi yang sangat likuid dan bisa mengalahkan inflasi, contohnya Reksa Dana Pasar Uang yang bisa kita mulai dengan dana yang sangat murah yaitu Rp 10.000,-