Bagaimana cara menabung di bank yang bisa bikin kaya?

Oktober 21, 2020

Jawaban

Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
0 Komentar

Menurut saya menabung saja tidak akan membuat kita kaya. Kecuali kita memang sudah memiliki uang yang banyak. Keadaan tersebut bisa dibilang hanya mempertahankan kekayaan, bahkan mungkin tidak membuat lebih kaya. Kenapa seperti itu? Karena pengertian menabung adalah untuk mempertahankan nilai uang yang kita miliki, bukan untuk menambah nilai uang tersebut.

Lalu untuk bisa kaya seperti apa? Jika kita ambil referensi orang-orang yang sudah kaya maka ada banyak cara yang positif untuk menjadi kaya, dan bukan dengan hanya menabung. Contohnya adalah dengan berbisnis dan investasi.

Berbisnis

Bisnis dan investasi ini tentunya bukan barang mudah dan cepat. Semua harus menjalankan proses, ada yang Panjang ada juga yang cepat. Tidak semua orang bisa berbisnis karena ini masalah karakter, ada orang yang memang cocok berbisnis ada yang cocok jadi seorang pekerja.

Berinvestasi

Tapi untuk berinvestasi semua orang bisa lakukan. Hanya perlu memilih investasi yang cocok dengan kebutuhan dan karakternya masing-masing. Contoh investasi yang cocok untuk hamper semua orang adalah reksa dana. Bagi pemula bisa memulai dengan reksa dana pasar uang, yang memiliki portofolio di deposito dan obligasi yang sudah mau jatuh tempo. Dengan tingkat resiko paling rendah, cocok untuk mempersiapkan dana darurat. Apalagi jenis investasi ini memilki fluktuasi yang hamper datar, sehingga aman jika untuk keperluan darurat yang bisa tiba kapan pun tanpa kita sadari.