Terjawab

Bagaimana cara menabung untuk membangun rumah?

Oktober 26, 2020

Jawaban

Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
0 Komentar

Bagaimana cara menabung untuk membangun rumah? Sebelum mengetahuinya, harus kita ketahui dulu membangun rumah adalah tujuan kamu, maka kita akan membuat perencanaan untuk mencapainya.

Tujuan yang bagus itu pada dasarnya memiliki syarat harus jelas angkanya, realistis bisa tercapai dan ada waktu untuk mencapainya.

Realistis

Hal paling penting yang harus dilakukan adalah tahu berapa total dana dibutuhkan, realistis enggak dengan kemampuan penghasilan dan apakah waktunya wajar.

Misalnya, kamu ingin membangun rumah dengan nilai Rp1 miliar dan ingin dibangun 1 tahun lagi, maka harus realistis dengan penghasilan kamu.

Kalau penghasilan kita masih di bawah UMR pastinya agak sulit mendapatkan dana tersebut, karena pasti sangat tidak mungkin ada alat keuangan atau apapun yang bisa memastikan bisa tercapai kecuali kamu berani berspekulasi.

Sering kali gaji bulanan yang diterima selalu cepat habis karena keperluan yang begitu banyak. Dengan menggunakan perhitungan dan perencanaan keuangan perbulan yang jelas, tentunya kamu bisa melakukan manajemen keuangan yang lebih pas agar bisa melakukan cicilan rumah dengan lebih sehat.

Karena itu, merencanakan keuangan per bulan sangatlah penting untuk kesehatan finansial rumah tangga. Meski terbilang rumit dan juga menguras lebih banyak waktu dan tenaga, langkah ini sepadan dengan apa yang bisa kamu dapatkan di masa depan.

Merencanakan keuangan rumah tangga selain membantu mengelola pengeluaran dan membuat kamu bisa menabung untuk membeli rumah sendiri, juga berguna untuk menjauhkan dari kegiatan pengeluaran yang tidak efisien dalam kegiatan rumah tangga.

Kamu harus bijak dalam menggunakan uang. Karena masa depanmu ditentukan dari hal-hal kecil yang kamu lakukan, misalnya saja menabung sedikit demi sedikit.

Jadi pada dasarnya produk keuangan hanya alat, yang penting kamu bisa dengan jelas dan jernih menentukan dan merencanakan tujuanmu.

Hidup Hemat

Langkah krusial yang bisa kamu lakukan demi mempercepat keinginan memiliki rumah adalah melakukan penghematan dalam pengeluaran sehari-hari.

Melakukan penghematan pengeluaran bisa kamu lakukan dengan berbagai cara mulai dari cara yang sepele seperti memangkas penggunaan paket data ponsel hingga melakukan pemangkasan uang jajan anak.

Kamu harus mengutamakan kebutuhan daripada keinginan dengan memilih mana keinginan dan mana kebutuhan. Hal tersebut dilakukan untuk lebih menghemat uang.

Disiplin dan Komitmen

Karena harga rumah yang terus naik dari waktu ke waktu, maka kamu harus mulai menabung dari sekarang.

Dengan semangat dan juga dedikasi tinggi terhadap pencapaian yang ingin diraih, yaitu memiliki rumah, pasti bisa mewujudkan keinginan.

Tentukan Target Tabungan yang Tepat

Setelah terbiasa dengan kebiasaan menabung dan memanajemen keuangan yang lebih efisien dan spesifik tentu akan semakin memudahkanmu melakukan pembagian pengeluaran untuk cicilan rumah dan juga pengeluaran untuk kebutuhan lainnya.

Dengan menggunakan metode ini tak hanya memudahkanmu, tapi juga melatih untuk hidup hemat dan efisien. Kamu tidak harus menetapkan target tabungan dengan nominal yang besar.

Misalnya, kamu cukup menyisihkan 20% gaji untuk cicilan rumah. Sedikit demi sedikit asal dilakukan secara rutin dan disiplin tentu akan membuahkan hasil yang besar.

Kamu harus memasang target terkait dengan uang yang akan dikumpulkan agar uang tersebut bisa digunakan untuk membeli rumah idaman. Untuk membeli sebuah rumah diperlukan konsistensi dalam menabung untuk membeli rumah tersebut.

Konsistensi bisa dimulai dari pengumpulan target uang harian, jika per hari saja sudah mulai disiplin, maka kamu bisa menentukan target mingguan hingga bulanan.

Bikin Dua Rekening

Agar bisa menabung untuk membangun rumah, kamu harus memiliki dua rekening bank berbeda yang akan memudahkanmu lebih spesifik merencanakan keuangan rumah tangga.

Misalnya, salah satu rekening digunakan untuk dana pendidikan anak dan rekening yang lain dibuat untuk merencanakan pembayaran cicilan rumah.

Memiliki dua rekening yang berbeda tentu akan memudahkanmu membagi pengeluaran rumah tangga. Kamu akan lebih mudah untuk menjauhi godaan untuk mengeluarkan uang demi kepentingan yang tidak efisien.