Terjawab

Bagaimana cara mencari ide buat bisnis ya?

Oleh : Galih Haris
Mei 26, 2020

Jawaban

Lifepal
0 Komentar

Untuk Anda yang masih bingung dan membutuhkan petunjuk, berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk menangkap ide bisnis:

1. Lakukan riset bisnis dan produk

Melakukan riset bisnis dan produk merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan para pebisnis sebelum mulai memasarkan produk yang dijualnya. Ini dilakukan untuk bisa memperkecil kemungkinan mengalami kerugian di kemudian hari.

Riset ini sangat penting dilakukan agar kita mengetahui produk apa saja yang dibutuhkan masyarakat, serta bagaimana prospek keuntungannya bila dijual.

Dengan melakukan riset terlebih dahulu terhadap produk-produk yang akan kita jual, kita juga akan bisa melihat seberapa besar potensi pasar produk tersebut, tren penjualannya saat ini dan bisa memprediksi kira-kira bagaimana tren produk tersebut dalam beberapa bulan ke depan.

2. Serap ide dari masalah setiap orang

Untuk mendapatkan ide bisnis biasanya muncul dari masalah yang dimiliki setiap orang. Nah, berikut tahapan-tahapannya yang harus dilakukan untuk menyerap ide dari masalah setiap orang:

– Cari masalah

Di sini dibutuhkan kejelian untuk bisa melihat masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat yang kira-kira bisa dijadikan ladang bisnis.

– Cari tahu yang dibutuhkan masyarakat

Setelah Anda mengetahui berbagai masalah yang dihadapi masyarakat, tentu hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi apa yang paling dibutuhkan masyarakat.

– Cari tahu apa yang masyarakat inginkan

Sepintas hampir sama dengan poin sebelumnya, tapi yang menjadi titik poin di sini bukanlah kebutuhan melainkan keinginan masyarakat.

3. Belajar dari kesuksesan bisnis orang lain

Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif. Bisnis transportasi online misalnya, penciptanya melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya menjadi solusi masyarakat urban.

Nah, jadi biasakan untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif alias out of the box ya meski harus lewat proses belajar dari kesuksesan bisnis orang lain!

4. Belajar dari kekurangan pesaing

Dunia bisnis adalah dunia yang sarat akan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan, cara terbaik adalah mempelajari dan belajar dari pesaing Anda.

Jangan malu mengakui keunggulan pesaing Anda, tetapi juga jangan mau kalah. Belajar pula dari kekurangan pesaing Anda, sikapi dengan positif dan cari cara bagaimana Anda bisa menjadi lebih unggul.

5. Ikuti perkembangan tren

Jika sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan Anda jalankan nanti. Anda bisa mulai mencari tahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang.