Terjawab

Bagaimana cara mencari penghasilan tambahan yang laris manis?

Desember 11, 2020

Saya seorang karyawan swasta berusia 29 tahun dengan penghasiln Rp5 juta per bulan. Karena itu, saya ingin mendapatkan penghasilan tambahan, tapi belum memiliki ide serta tidak tahu cara yang tepat untuk memulainya

Saya berharap bisa mendapat penghasilan tambahan antara Rp3 juta-Rp4 juta per bulan. Sebab, saya saat ini sedang mengumpulkan uang untuk memiliki rumah sendiri.

Bagaimana caranya mencari penghasilan tambahan yang laris manis? Mohon jawabannya. Terima kasih banyak.

Jawaban

Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
0 Komentar

Penghasilan tambahan diartikan sebagai penghasilan yang didapat dari aktivitas pekerjaan non rutin dan tetap. 

Jadi, mudahnya penghasilan tambahan adalah penghasilan yang bukan dari sumber penghasilan utama. 

Nah, karena yang utama harus diprioritaskan, maka penghasilan tambahan biasanya didapat dari kegiatan di luar kegiatan utama. 

Kegiatan itu biasanya diawali dari kelebihan yang kita punya. Ada tiga kelebihan yang dimiliki setiap orang, yaitu waktu, hobi dan keahlian.

Biasanya pekerjaan utama sudah menyita waktu kita. Maka mulailah pekerjaan sambilan tadi dengan mengedepankan hobi dan keahlian kamu. 

Memang mungkin tidak mudah, tapi bukan tidak bisa, apalagi di zaman digital seperti saat ini. Kamu hobi membaca nggak harus jualan buku kok. Tulis artikel, jadi kritikus juga bisa jadi uang.

Berikut ini beberapa pekerjaan tambahan yang laris manis bisa kamu coba jajal:

Penulis Artikel

Perkembangan dunia digital yang berkembang pesat membuat permintaan konten semakin tinggi, sehingga membuat penulis artikel merupakan pekerjaan sampingan yang laris manis.

Apalagi, kalau kamu punya basic di bidang menulis. Misalnya, kamu memang bekerja sebagai content writer atau penulis buat website tertentu, kamu bisa tawarkan jasa kepada individu atau perusahaan lain. 

Beberapa channel mulai dari blog sendiri, situs jejaring sosial buat karier seperti LinkedIn, hingga jual jasa penulisan artikel melalui forum-forum misalnya Ads-id.com atau Kaskus, dan sebagainya. 

Kamu juga bisa bangun website kamu sendiri biar terlihat lebih profesional. Nah, untuk harga per tulisan berkisar Rp50 ribu sampai ratusan ribu. 

Video Editor

Dengan permintaan tinggi terhadap konten video saat ini, jasa video editor pun selalu dicari. Hampir sama dengan profesi seperti fotografer dan penulis artikel, kamu harus menyertakan portofolio.

Portofolio ini bisa dibangun di laman seperti YouTube. Dari situ, kamu bisa kerja sama dengan YouTuber atau perusahaan tertentu. Selain itu, kamu juga bisa bekerjasama dengan fotografer lain untuk membuat video wedding.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.