Terjawab

Bagaimana cara mengetahui SBI 12 Bulan?

Oleh : Samuelkevinn
Oktober 26, 2020
Halo, saya ingin menanyakan bagaimana cara mengetahui bunga SBI 12 bulan, karena cicilan KPR saya untuk tahun berikutnya Floating : SBI 12 Bulan + 2%. Saya cek di bi.go.id maksimal hanya sampai 9 bulan, mohon pencerahannya dan kalau bisa diberikan tutorial ngeceknya, terimakasih🙏

Jawaban

Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar

Cara termudah untuk mengetahui SBI alias Sertifikat Bank Indonesia kerap menjadi pertanyaan. Salah satunya, mencari SBI 12 bulan.

Namun, sebelum mengetahui caranya, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) adalah surat berharga yang dikeluarkan Bank Indonesia sebagai pengakuan utang berjangka waktu pendek, yaitu 1-3 bulan dengan sistem diskonto/bunga.

SBI

SBI menjadi salah satu instrumen Bank Indonesia untuk tetap mengontrol nilai tukar rupiah tetap stabil. Dengan menerbitkan/menjual SBI, Bank Indonesia dapat menyerap kelebihan uang primer yang beredar.

Tingkat suku bunga SBI diatur dengan mekanisme pasar melalui sistem lelang. Dalam pelelangan, para pelaku pasar biasanya mengacu pada suku bunga (rate) BI dalam setiap transaksinya.

SBI bisa dibeli oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia baik itu instansi, masyarakat umum, atau warga negara asing (WNA). Namun, penjualan SBI lebih diprioritaskan kepada pihak bank, sedang masyarakat umum tidak dapat membeli langsung namun harus lewat pialang. Nominal penjualan SBI berkisar Rp100 juta dengan kelipatan Rp50 juta.

Langkah – langkah Pencarian SBI

Cara termudah untuk mengetahui SBI 12 bulan adalah dengan melalui website https://www.bi.go.id. Adapun SBI saat ini bisa dicek di sini.

Berikut ini langkah-langkah pencarian SBI:

Langkah pertama: Pada address bar, ketikkan alamat website Bank Indonesia: http://www.bi.go.id.

Langkah kedua: Arahkan kursor pada menu Moneter.

Langkah ketiga: Klik Lelang Sertifikat BI.

Langkah keempat: Untuk mencari data suku bunga SBI pada tanggal tertentu, klik Hasil Lelang Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Langkah kelima: Untuk melihat data suku bunga SBI sebelum tahun 2020, klik Data Sebelum Tahun 2020.

Untuk mencari data suku bunga SBI pada tanggal tertentu, ganti saja tanggal dan waktu terkini yang hendak dicari.

Semoga bermanfaat!