Terjawab

Bagaimana cara mengganti plat nomor jika BPKB hilang?

Oleh : 
Februari 21, 2021

Halo, saya ingin bertanya. Bagaimana cara mengganti plat nomor jika BPKB hilang? Mohon bantuannya, terima kasih.

Jawaban

Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
0 Komentar

Apa itu BPKB?

BPKB adalah buku yang diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Pendaftaran BPKB dilakukan bersamaan dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK). BPKB berisi semua data dari kendaraan bermotor seperti rangka, nomor mesin, nomor polisi, nama pemilik kendaraan, nama penjual atau dealer, serta tipe dan tahun kendaraan. Penerbitan BPKB hanya dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas Polri yang ada di masing-masing polres di seluruh wilayah Indonesia.

Fungsi dari BPKB

BPKB sifatnya sama dengan sertifikat kepemilikan. Keberadaannya sangat penting sebagai bukti kepemilikan yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan. Berikut fungsi dari BPKB:

  1. Sebagai tanda pengenal kendaraan bermotor baik dalam kondisi baik atau rusak
  2. Sebagai Certificate of Ownership atau bukti kepemilikan yang sah dan harus dijaga baik-baik
  3. Bisa dijadikan sebagai agunan dalam hal utang piutang di masyarakat

Karena pentingnya fungsi BPKB maka apabila hilang akan sangat merugikan pihak pemilik kendaraan dan akan sangat mempengaruhi nilai jual dari kendaraan itu sendiri. Oleh sebab itu, BPKB harus disimpan baik-baik dan jangan sampai hilang.

Berkas yang Diperlukan apabila BPKB Hilang

Apabila BPKB Anda hilang, Anda harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengurus persyaratannya yang cukup banyak. Anda dapat mengurus untuk memperoleh BPKB baru di Kantor Samsat dengan menyiapkan berkas persyaratan yaitu sebagai berikut:

  1. Surat Keterangan Kehilangan BPKB dari Kantor Kepolisian
  2. Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sah dan masih berlaku serta satu lembar fotokopinya
  3. Surat Pernyataan BPKB Hilang
  4. Bukti Pemasangan Iklan Kehilangan BPKB di Media Massa
  5. Surat Keterangan BPKB Tidak Dalam Status Jaminan/Agunan Bank
  6. Berita Acara Pemeriksaan (BAP) singkat dari Badan Reserse Kriminal (Bareskrim)
  7. STNK asli dan fotokopinya, serta Notice (Catatan/Struk/Laporan) Pajak yang berlaku

Langkah Mengurus BPKB yang Hilang

Langkah-langkah untuk mengurus BPKB hilang di Kantor Samsat adalah sebagai berikut:

  1. Membuat surat laporan kehilangan dari kepolisian serta tidak masuk dalam daftar pencarian barang. Anda akan diberikan beberapa pertanyaan mengenai kronologi bagaimana BPKB bisa hilang. Setelah itu Anda akan menerima Berita Acara Pemeriksaan (BAP) singkat dan Surat Tanda Penerimaan Laporan/Laporan Polisi atas kehilangan barang dari Reskrim
  2. Siapkan identitas berupa KTP dan satu lembar fotokopi KTP, dan bagi yang berhalangan melampirkan surat kuasa bermaterai
  3. Siapkan juga Surat Pernyataan BPKB hilang dan bermaterai dengan ditandatangani pemilik kendaraan
  4. Siapkan bukti berita kehilangan BPKB pada 2 (dua) media massa cetak yang berbeda (melampirkan kwitansi dan kliping iklan tersebut). Hal ini dilakukan agar kemungkinan BPKB kendaraan digunakan orang yang tidak bertanggung jawab menjadi lebih kecil. Selain itu, iklan tersebut harus diumumkan dalam rentang selama 6 bulan. Bisa saja terjadi, dalam rentan 6 bulan tersebut BPKB ditemukan, sehingga menghindari kepemilikan BPKB ganda. Setelah 6 bulan berlalu, lampirkan bukti berita atau iklan ketika Anda mengurus BPKB
  5. Membuat Surat Keterangan bermaterai dari pihak Bank, bahwa BPKB tidak dalam status jaminan bank/agunan, jika di wilayah tersebut terdapat tidak lebih dari 2 (dua) Bank
  6. Siapkan STNK Asli dan fotokopi serta surat pemberitahuan (catatan/struk/laporan) Pajak yang berlaku.
  7. Siapkan fotokopi BPKB yang lama (minimal tahu nomornya)
  8. Siapkan fotokopi Akta/SIUP/SITU perusahaan bila kendaraan bermotor atas nama perusahaan
  9. Lakukan proses cek fisik dengan membawa kendaraan ke Samsat dan nanti akan akan mendapatkan hasil cek fisik yang dilegalisir dan tanda periksa kendaraan
  10. Semua persyaratan tersebut diserahkan ke loket pengurusan BPKB untuk diperiksa, kemudian Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran melalui loket Bank yang ditunjuk
  11. Kemudian Anda akan diberikan bukti penyerahan berkas persyaratan yang nantinya akan digunakan untuk mengambil BPKB. Pembuatan BPKB baru sendiri akan memakan waktu sekitar 1 minggu

Dengan mengurus pembuatan BPKB baru, Anda tidak perlu mengganti nomor polisi kendaraan atau plat nomornya karena Anda akan tetap bisa menggunakan nomor polisi yang sama. Semoga penjelasan ini dapat membantu.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
Apakah ada usaha rumahan yang bisa dimulai tanpa modal? Apa saja? Kembali Terjawab Apakah ada usaha rumahan yang bisa dimulai tanpa modal? Apa saja? Oleh : Citra Nareswara Juni 18, 2020 Jawaban Lifepal 0 Komentar Ada. Di zaman semakin canggih, Anda bisa menjalani bisnis tanpa modal tapi menggunakan jaringan internet. Bermodalkan ponsel pintar yang sehari-hari untuk melihat Instagram, Anda bisa menjalani bisnis dropshipper maupun jasa titip. Yaitu sistem bisnis baru yang muncul karena perkembangan teknologi. Proses transaksi semuanya bisa dilakukan hanya lewat ponsel pintar, tinggal menentukan saja komoditas apa yang mau dijual. Nah, untuk mengetahui komoditas atau peluang usaha apa saja yang bisa dijalani tanpa modal, simak ulasannya lebih lengkap di sini! 0
696
1
Terjawab
Bagaimana mengurus SHGB ke SHM? Berapa waktu dan biayanya? Halo saya ingin bertanya. Bagaimana mengurus SHGB ke SHM yang sudah terlambat 7 tahun? Berapa waktu yang dibutuhkan dan biayanya?
326
1
Terjawab
Apakah kontrol ke 3 juga memerlukan surat rujukan? Halo saya ingin bertanya. Setelah opname RS dengan penyakit paru, saya telah melakukan 2 kali kontrol. Pada saat kontrol ke 2, ternyata harus pake surat rujukan, namun aman karena ada rujukan BPJS. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah kontrol ke 3 juga memerlukan surat rujukan?
346
1
Terjawab
Berapa jumlah yang harus dibayar apabila BPJS telat bayar 4 tahun? Halo, ingin bertanya. Berapa jumlah yang harus dibayar apabila BPJS telat bayar 4 tahun? Mohon informasinya, terima kasih.
658
1
Terjawab
Bagaimana cara melakukan pengecekan no kartu BPJS? Halo, Lifepal. Saya mau bertanya. Bagaimana cara melakukan pengecekan no kartu BPJS? Mohon bantuannya, terima kasih.
565
1
Terjawab