Terjawab

Bagaimana cara menghemat biaya bangun rumah?

Oleh : robighani
Januari 11, 2021

Saya sedang bingung memutuskan untuk membeli rumah langsung atau membangunnya sendiri. Karena, banyak orang yang mengatakan, membangun rumah dari awal jauh lebih rumit daripada membeli rumah.

Tapi, saya pribadi lebih ingin membangun rumah sendiri karena bisa disesuaikan dengan keinginan dan budget. Pertanyaan saya sekarang, bagaimana cara hemat biaya bangun rumah?

Jawaban

Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar

Faktor Pertimbangan Membeli Rumah Langsung atau Membangun Sendiri

Terima kasih atas pertanyaannya. Pertimbangan membeli “rumah jadi” atau membeli rumah secara langsung sebenarnya didasari oleh beberapa faktor:
1. Developer
2. Lingkungan kluster
3. Fasilitas yang sudah tersedia dari developer (tempat pembelanjaan, sekolah, transportasi dll)
4. Amdal lingkungan
5. Kemudahan pembayaran baik dalam bentul cicilan sampai 5 tahun, dan kemudahan pengajuan KPR

Sebenarnya poin terakhir yang paling penting. Jadi, kalau Bapak/ibu memang memiliki dananya, sebaiknya memang membangun rumah sendiri, karena bisa disesuaikan dengan keinginan Bapak dan Ibu. Mengenai kerumitan dll sebenarnya tergantung dari Bapak dan Ibu, karena setiap arsitek dan kontraktor pasti sudah memiliki pengalaman dalam membangun rumah, jadi tentunya kembali ke keputusan Bapak dan Ibu, kontraktor seperti apa dan bagaimana yang Bapak akan Ibu sewa, akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari rumah yang Bapak dan Ibu idamkan. Resiko yang mungkin Bapak dan Ibu temui adalah kontraktor nakal, yang bisa membuat biaya yang Bapak dan Ibu keluarkan lebih besar.

Berhadapan dengan kontraktor pun Bapak dan Ibu akan dihadapkan pada 2 pilihan, borongan atau Bapak dan Ibu membeli bahan baham bangunannya sendiri sehingga mereka hanya dibayar per jasa. Mohon hati-hati dalam menentukan kedua hal ini. Sebaiknya minta rekomendasi kenalan atau teman yang pernah dan puas dalam menggunakan jasa kontraktor ini, sehingga Bapak dan Ibu juga bebas dari kerumitan.

Alokasikan Tambahan Biaya 10-20% dari Budget Anda

Baik membeli rumah langsung maupun membangun rumah sendiri tentunya ada plus minusnya. Jadi memang semua tergantung pada keputusan Bapak dan Ibu sendiri. Perhatikan juga budget yang Anda miliki. Karena sebaiknya alokasikan tambahan biaya sebanyak 10-20% dari budget Anda, untuk mengantisipasi adanya pengeluaran pengeluaran yang tidak terduga.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.