Terjawab

Bagaimana cara menjadi kaya raya hanya dalam waktu 10-20 tahun?

Oleh : Kamala Calya
Oktober 12, 2020

Jawaban

Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
3 Komentar

Untuk pertanyaan ini, saya ingin bertanya kembali: sejauh apakah Anda mau bekerja keras? Butuh waktu hanya sekitar 7 tahun bagi William Tanuwijaya untuk membangun Tokopedia menjadi salah satu Unicorn di Asia Tenggara. Atau butuh waktu hanya 6 tahun bagi Tiket.com sebelum diakuisisi oleh Bos Djarum, tanpa harus menjadi unicorn. Ada juga bisnis kripik pedas yang pernah jaya di masanya, yang hanya membutuhkan waktu 3 bulan untuk memiliki  omzet milyaran rupiah per bulan. Jadi sebenarnya tidak membutuhkan waktu 10-20 tahun juga untuk menjadi seseorang yang kaya raya kalau Anda mau bekerja keras dan jeli melihat peluang.

Namun seperti yang kita ketahui juga, tidak semua start up atau perusahaan bisa semudah itu mencapai hasil seperti Tokopedia atau Tiket.com. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya, dan salah satu faktor pentingnya adalah seberapa jauh Anda mau berproses. Dan hal ini bisa memakan dana dan waktu yang jauh lebih besar daripada bisnis itu sendiri.

Kalau Anda merasa tidak memiliki waktu, tidak memiliki kapabilitas, merasa nyaman dengan bekerja di perusahaan, maka cara termudah bagi Anda untuk bisa menjadi kaya raya dalam waktu 10-20 tahun mendatang adalah dengan berinvestasi di pasar modal. Dan saham adalah salah satu pilihan yang terbaik.

Ada banyak sekali saham milik pemerintah yang mampu memberikan capital gain atau kenaikan harga sahamnya di atas 10% per tahunnya. Ditambah lagi dengan pembagian deviden per tahunnya yang bisa lebih besar dari bunga deposito, menjadikan saham menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat menarik untuk dipelajari. Apalagi di situasi pandemi seperti ini ada banyak sekali saham unggulan yang memiliki harga terdiskon, sehingga ketika ekonomi pulih, harga saham tersebut akan naik kembali ke harga wajarnya.

Kalau Anda tidak memiliki kemampuan untuk menilai saham mana yang baik, sebaiknya konsultasikan masalah keuangan Anda pada perencana keuangan yang terpercaya. Semua individu memiliki kemampuan dan profile resiko yang berbeda, sehingga pemilihan instrumen investasi harus disesuaikan juga dengan kebutuhan, kemampuan dan profile resiko dari masing-masing invidivu.

Semua orang bisa menjadi kaya raya asal tahu bagaimana cara berinvestasi yang tepat dan paham akan segala resiko yang mungkin timbul dari investasi agar bisa diminimalisir, dan tidak mudah percaya oleh iming iming hasil imbal balik yang besar dalam waktu singkat. Oleh sebab itu pastikan instrumen investasi atau lembaga keuangan tempat Anda berinvestasi berada dalam naungan OJK. Baik terdaftar maupun tercatat, sesuai dengan kriterianya masing-masing.

Terimakasih!Galuh

Bisa. Ini pendapat saya, nggak usah jadi kaya, cukup mendapat penghasilan mencukupi aja, tidak perlu dihitung. Punya dana 100 juta sampai 500 juta, didepositkan ke binary. Cari orang yg bisa dipercaya (contohnya saya) bisa trading. Sehari dengan cukup cari profit 1% dari modal. Udah bagus itu, konsisten.Niki

Assalamualaikum kak,,umur 18 tahun ingin belajar tentang cara berbisnis saham terutama nya pada teknik dan taktik agar tidak rugi,,kak brpa standar modal untuk ber sahamAgung anugrah

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
Bagaimana cara menentukan jumlah dan menetapkan gaji karyawan? Halo, saya ingin menanyakan 2 hal. Bagaimana cara menentukan jumlah karyawan pada UMKM usaha kecil? Tolong sertakan aturan atau referensi yang jelas, karena yang saya ketahui jumlah karyawan pada usaha kecil berada di kisaran 5 sampai 19 orang. Lalu, bagaimana cara menetapkan gaji karyawan pada UMKM usaha kecil? Apakah UMKM usaha kecil perlu untuk memberikan jaminan kepada karyawannya?
100
0
Apakah bisa mengajukan KUR untuk lembaga non formal? Saya memiliki PAUD yang belum legal, namun sudah berjalan 5 tahun. Saat ini, saya ingin mengajukan KUR untuk pengembangan dan biaya proses legalitas, apakah bisa? Mohon penjelasannya, terima kasih.
80
0
Bagaimana solusi jika total cicilan produktif ternyata 40% dari penghasilan? Halo Lifepal. Saya mau bertanya soal cicilan. Saat ini saya seorang karyawan single dan sedang ada beberapa cicilan produktif (untuk investasi), namun setelah saya hitung, total cicilan tsb ternyata 40% dari penghasilan saya. Apakah lebih baik saya mengurangi cicilan tsb atau tidak melanjutkan cicilannya? Salah satu cicilan akan selesai pada September tahun ini dan yang satunya lagi akan selesai pada November 2022. Untuk dana darurat saya juga sudah ada meskipun belom sampai 6x pengeluaran bulanan (masih dalam tahap pengumpulan dana setiap bulannya) Bagaimana solusi yang terbaik?
513
1
Terjawab
Apakah bisa mendapatkan pinjaman dana dengan jaminan KARIP? Halo, saya ingin bertanya. Apakah bisa mendapatkan pinjaman dana dengan jaminan KARIP? Terima kasih infonya.
259
0
Bagaimana cara mendapatkan pinjaman dana dengan cepat? Saat ini, keluarga saya belum ada yang bekerja karena pemberhentian akibat wabah COVID-19. Dari 7 bersaudara, hanya saya yang masih bekerja. Saya sangat butuh pinjaman dana untuk membuat usaha dari pengalaman kerja saya, sudah beberapa kali mengajukan pinjaman tetapi selalu ditolak karena adanya wabah ini. Yang saya ingin tanyakan, bagaimana cara mendapatkan pinjaman dana dengan cepat?
242
0