Terjawab

Bagaimana cara menjadi kaya raya hanya dalam waktu 10-20 tahun?

Oleh : Kamala Calya
Oktober 12, 2020

Jawaban

Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
2 Komentar

Untuk pertanyaan ini, saya ingin bertanya kembali: sejauh apakah Anda mau bekerja keras? Butuh waktu hanya sekitar 7 tahun bagi William Tanuwijaya untuk membangun Tokopedia menjadi salah satu Unicorn di Asia Tenggara. Atau butuh waktu hanya 6 tahun bagi Tiket.com sebelum diakuisisi oleh Bos Djarum, tanpa harus menjadi unicorn. Ada juga bisnis kripik pedas yang pernah jaya di masanya, yang hanya membutuhkan waktu 3 bulan untuk memiliki  omzet milyaran rupiah per bulan. Jadi sebenarnya tidak membutuhkan waktu 10-20 tahun juga untuk menjadi seseorang yang kaya raya kalau Anda mau bekerja keras dan jeli melihat peluang.

Namun seperti yang kita ketahui juga, tidak semua start up atau perusahaan bisa semudah itu mencapai hasil seperti Tokopedia atau Tiket.com. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya, dan salah satu faktor pentingnya adalah seberapa jauh Anda mau berproses. Dan hal ini bisa memakan dana dan waktu yang jauh lebih besar daripada bisnis itu sendiri.

Kalau Anda merasa tidak memiliki waktu, tidak memiliki kapabilitas, merasa nyaman dengan bekerja di perusahaan, maka cara termudah bagi Anda untuk bisa menjadi kaya raya dalam waktu 10-20 tahun mendatang adalah dengan berinvestasi di pasar modal. Dan saham adalah salah satu pilihan yang terbaik.

Ada banyak sekali saham milik pemerintah yang mampu memberikan capital gain atau kenaikan harga sahamnya di atas 10% per tahunnya. Ditambah lagi dengan pembagian deviden per tahunnya yang bisa lebih besar dari bunga deposito, menjadikan saham menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat menarik untuk dipelajari. Apalagi di situasi pandemi seperti ini ada banyak sekali saham unggulan yang memiliki harga terdiskon, sehingga ketika ekonomi pulih, harga saham tersebut akan naik kembali ke harga wajarnya.

Kalau Anda tidak memiliki kemampuan untuk menilai saham mana yang baik, sebaiknya konsultasikan masalah keuangan Anda pada perencana keuangan yang terpercaya. Semua individu memiliki kemampuan dan profile resiko yang berbeda, sehingga pemilihan instrumen investasi harus disesuaikan juga dengan kebutuhan, kemampuan dan profile resiko dari masing-masing invidivu.

Semua orang bisa menjadi kaya raya asal tahu bagaimana cara berinvestasi yang tepat dan paham akan segala resiko yang mungkin timbul dari investasi agar bisa diminimalisir, dan tidak mudah percaya oleh iming iming hasil imbal balik yang besar dalam waktu singkat. Oleh sebab itu pastikan instrumen investasi atau lembaga keuangan tempat Anda berinvestasi berada dalam naungan OJK. Baik terdaftar maupun tercatat, sesuai dengan kriterianya masing-masing.

Terimakasih!
Bisa. Ini pendapat saya, nggak usah jadi kaya, cukup mendapat penghasilan mencukupi aja, tidak perlu dihitung. Punya dana 100 juta sampai 500 juta, didepositkan ke binary. Cari orang yg bisa dipercaya (contohnya saya) bisa trading. Sehari dengan cukup cari profit 1% dari modal. Udah bagus itu, konsisten.