Terjawab

Bagaimana cara saya melindungi rekening bank dari kasus pembobolan?

Desember 25, 2020

Saya seorang pegawai swasta berdomisili di Kota Bandung. Saat ini saya memiliki dua rekening bank swasta terbesar di Indonesia.

Namun, kasus pembobolan rekening bank Maybank membuat saya merasa was-was bila melakukan transaksi.

Yang ingin saya tanyakan, bagaimana caranya untuk saya melindungi rekening bank dari kasus pembobolan? Demikian pertanyaan saya, ditunggu jawabannya. Terima kasih.

Jawaban

Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
0 Komentar

Perbankan adalah salah satu lembaga keuangan tertua yang ada di Indonesia. Jadi pastinya secara aturan, mereka lebih lengkap dan teruji di antara lembaga keuangan lainnya.

Kalau ada pembobolan, biasanya terjadi karena kelalaian nasabah sendiri dalam hal penggunaan rekening atau perbuatan oknum petugas internal bank yang tidak bertanggung jawab.

Perhatikan Beberapa Hal ini agar Tetap Aman

Jika disebabkan oleh kelalaian nasabah, tentu tanggung jawab ini tidak bisa dialihkan begitu saja kepada perusahaan bank sebagaimana pihak bank selalu menghimbau nasabahnya untuk senantiasa menjaga keamanan rekeningnya. Kita sebagai nasabah harus menjaga baik-baik beberapa poin berikut.

– Nomor rekening pribadi
– Buku tabungan
– Penyimpanan fisik kartu ATM dan kartu kredit
– Nomor PIN kartu ATM dan kartu kredit
– Nomor CVV kartu kredit
– Data pribadi terkait rekening debit dan kredit.

Berbeda jika disebabkan oleh perbuatan oknum petugas internal, maka sudah ada OJK yang akan menegur dan ada LPS yang akan menjamin ganti rugi uang yang hilang.

Namun sebagai langkah untuk mengantisipasi, jawabannya sederhana. Nasabah disaranakn untuk selalu melakukan update dan ikuti perkembangan jumlah tabungan dan aset pribadi. Buatlah catatan aliran uang masuk dan keluar agar kamu bisa mendeteksi jika ada masalah sejak dini.

Laporkan ke Layanan Nasabah Bank Segera

Jika kamu menemukan adanya gejala kepada masalah saldo tabungan atau melihat adanya kecurigaan bahwa kartu kreditmu telah disalahgunakan, jangan menunda untuk melaporkannya kepada layanan nasabah bank.

Andai kamu kehilangan kartu debit atau kreditmu, lakukan pemblokiran secepat mungkin secara online dan meminta penggantian kartu di kantor cabang bank yang menerbitkan kartumu.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.