Terjawab

Bagaimana cara trading saham yang benar untuk seorang pemula?

Oleh : dilakarinta
November 25, 2020

Saham disebut sebagai instrumen investasi dengan return terbaik. Karena itu, saya pun memutuskan untuk berinvestasi saham.

Saya juga mendengar dari teman–teman kalau main saham bisa mendatangkan keuntungan ratusan persen dalam sekejap. Itu membuat saya penasaran ingin langsung trading saham.

Tapi, sebagai investor pemula saya takut rugi besar. Bagaimana cara trading saham yang benar buat pemula? Apa strategi supaya main saham tidak rugi? Terima kasih.

Jawaban

Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
0 Komentar

Hindari Kata Main Saham

Karena jika kamu menggunakan kata main saham, maka yang ada di otak kamu saham adalah mainan. Sehingga kamu akan lebih spekulasi dalam instrument saham ini. Nah pada faktanya, hal inilah yang paling banyak membuat orang merugi.

Oleh karena itu saya menyarankan agar kamu merubah mindset kamu dari main saham menjadi investasi saham. Dengan demikian, mindset kamu sudah lebih baik ketimbang banyak orang lainnya.

Perbanyak Investasi Leher ke Atas

Baik kamu mau memilih trading saham jangka pendek ataupun investasi saham jangka panjang. Ingat bahwa trading dan investasi saham berbeda dengan main saham. Trading dan investasi saham memiliki ilmu yang harus dipelajari. Misalkan dalam trading saham belajar tentang Analisa teknikal. Sementara investasi saham belajar tentang Analisa fundamental. Selain Analisa teknikal dan Analisa fundamental, pelajari juga money management nya.

Carilah Mentor

Mentor yang baik bukan hanya memperlihatkan keberhasilannya, melainkan juga kesalahan nya, supaya kamu tidak perlu terjerumus ke lubang yang sama. Carilah mentor yang sesuai dengan pemikiran dan logika kamu. Mentor yang baik akan mempercepat proses pembelajaran kamu, sehingga kamu pun bisa lebih cepat berhasil.

Kerugian adalah Bagian dari Kesuksesan Investasi

Terakhir, kerugian adalah salah bagian dari kesuksesan dalam investasi. Tidak ada satupun trader atau investor yang tidak pernah menelan kerugian. Namun yang membedakan adalah trader dan investor yang berhasil belajar dari kerugian tersebut, dan memperbaikinya untuk keputusan investasi di masa yang akan datang.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.