Terjawab

Bagaimana cara untuk seorang karyawan swasta mengumpulkan dana pensiun?

Oleh : Sigit Putra
September 25, 2020

Jawaban

Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar

Tidak ada perbedaannya antara karyawan swasta dan negeri dalam perihal dana pensiun. Baik karyawan swasta maunun negeri yang memiliki fasilitas atau akan diberkan dana pensiun, biasanya dana pensiun yang diterima tidak akan mencukupi. Hal ini terjadi karena adanya inflasi atau kenaikan harga barang kebutuhan pokok, sementara pendapatan sudah tidak ada lagi.

Dan tidak ada perhitungan yang cukup akurat yang menghitung berapa sebenarnya kebutuhan dana pensiun seseorang. Oleh sebab itu, keberadaan seorang perencana keuangan dibutuhkan, agar data yang diterima cukup dan bisa diketahui juga berapa besaran dana yang dibutuhkan agar seseorang bisa menikmati masa pensiunnya dengan lebih nyaman.

Cara yang mudah untuk mengumpulkan dana pensiun adalah dengan berinvestasi sedini mungkin pada produk-produk keuangan. Produk keuangan mana dan berapa besarannya akan membutuhkan data yang lebih detail seperti berapa besar kebutuhan Anda, jumlah tagihan, ada atau tidaknya cicilan, jumlah aset dan lain-lain.

Profile risiko juga dibutuhkan untuk menentukan produk keuangan mana yang tepat, agar tidak terjadi salah investasi, atau investasi pilihan yang saya rekomendasikan ternyata tidak sesuai dengan profile risiko seseorang.

Dan belum tentu setiap orang memiliki profile risiko yang sama, sehingga produk keuangan yang dibutuhkan juga berbeda sesuai dengan kebutuhan masing masing individu. Usia juga sangat menentukan dalam pemilihan produk dan besaran dana yang harus disisihkan untuk menyiapkan dana pensiun. Dengan demikian, kesiapan yang matang dari dana pensiun bisa ditentukan lebih awal dan sesuai dengan kemampuan.

Tidak semua orang akan siap untuk menghadapi masa pensiun, Kesalahan dalam memilih produk keuangan juga bisa menjadi salah satu risiko seseorang tidak bisa menikmati masa pensiunnya. Untuk itu, konsultasikanlah kesiapan Anda untuk perhitungan dana pensiun, agar dana investasi yang dibutuhkan juga lebih terukur dan terarah bagi Anda.