Terjawab

Bagaimana caranya agar tidak terjerat konsultan keuangan?

Oleh : Sigit Putra
Januari 12, 2021

Agar lebih melek literasi keuangan, saya ingin mencoba berkonsultasi pada konsultan keuangan. Bagaimana caranya agar tidak terjerat konsultan keuangan?

Jawaban

Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
0 Komentar

Menjawab pertanyaan Anda, saya akan sedikit menyinggung profesi saya sebagai konsultan perencana keuangan. Sebenarnya seorang konsultan perencana keuangan bertugas untuk membantu kliennya mencapai tujuan-tujuan keuangan mereka. Lingkup perencanaan keuangan ini cukup besar, dimana di dalamnya terdapat beberapa hal mengenai pengelolaan utang, pengaturan cashflow, berinvestasi, sampai perpajakan pribadi. Saat ini, perencana keuangan yang tersebar luar ada banyak sekali. Saran saya, pilih perencana keuangan yang punya sertifikasi dan punya ikatan kode etik.

Tahapan sebelum Memilih Perencana Keuangan

Ada beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan sebelum memutuskan untuk memilih perencana keuangan:

Ketahui Kebutuhan Anda

Jika Anda ingin menyusun perencanaan keuangan secara menyeluruh, maka yang Anda butuhkan adalah jasa seorang perencana keuangan independen bersertifikasi. Akan tetapi, jika yang Anda butuhkan hanya untuk membeli asuransi misalnya, maka Anda cukup menghubungi perencana keuangan dependen atau perusahaan asuransi saja.

Telusuri Lembaga Perencana Keuangan yang Anda Pilih

Ini penting, karena saat terjadi pelanggaran hak dan kewajiban, klien dapat melaporkan kepada pihak regulator. Pilih konsultan perencana keuangan yang memiliki reputasi yang baik. Perhatikan keberlangsungan usaha mereka dan juga lihat testimony dari para klien yang sudah menggunakan jasa mereka. Sertifikasi juga penting, perencana keuangan yang punya sertifikasi seperti CFP misalnya, dapat dipastikan punya kompetensi dan diawasi oleh lembaga terkait. Untuk ngecek, apakah perencana keuangan masih aktif atau tidak, langsung aja cek ke website fpsbindonesia.net/member-list/daftar CFP Profesional.

Lakukan Perbandingan

Sebaiknya jangan menyerahkan uang atau menandatangani kontrak apapun tanpa melakukan perbandingan terlebih dahulu. Usahakan, hubungi beberapa penyedia jasa perencana keuangan kemudian lakukan perbandingan dan pilih yang paling sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

Teliti Kontrak

Teliti setiap klausul yang ada dalam kontrak perjanjian sebelum Anda menandatanganinya. Coba pahami setiap kalimat yang ada pada kontrak, jika Anda kurang paham, coba tanyakan dulu pada ahlinya. Jangan sampai Anda tertipu atau terjebak dengan kontrak yang ujung-ujungnya akan merugikan Anda.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.