Terjawab

Bagaimana hukum investasi dalam Islam?

Oleh : Fitri Kencana
Desember 21, 2020

Jawaban

Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
0 Komentar

Syariat ISLAM yang dibawa oleh Rasulullah SAW, bersifat komprehensif dan universal.

Komprehensif berarti syariat ISLAM merangkum seluruh aspek kehidupan, baik ritual (ibadah) maupun sosial (muamalah).
Universal bermakna dapat diterapkan pada setiap waktu dan tempat sampai hari akhir nanti yang dapat diaplikasikan untuk semua umat manusia.

Kegiatan muamalah dibagi dalam tiga bagian besar yaitu politik, sosial dan ekonomi. Dari bidang ekonomi, diambil tiga turunan lagi yaitu konsumsi, simpanan, dan investasi.

ISLAM mengajarkan pola konsumsi yang moderat, tidak berlebih-lebihan. ISLAM melarang perbuatan yang mubadzir.

Dalam aktifitas investasi, tujuan investor syariah adalah memperoleh keuntungan investasi (return on investment) dengan metode atau cara yang memenuhi prinsip ISLAM. Tujuan lainnya adalah untuk mengurangi resiko kerugian investasi.

Dalam konteks investasi sesuai syariah melakukan analisis adalah ikhtiar untuk mendapatkan keuntungan atau meminimalisir kerugian investasi. Sedangkan realisasi hasil investasi adalah merupakan takdir.

Jika realisasi investasi merugi, walau berdasarkan analisis yang dilakukan berpotensi untung, maka selisih kerugiannya adalah termasuk resiko berinvestasi.

Dalam berinvestasi, hendaknya memiliki tujuan. Umumnya tujuan berinvestasi adalah mempersiapkan dana untuk membeli rumah, biaya dana pendidikan, dana naik haji dan umrah, hingga dana pensiun.

Masing-masing tujuan memiliki target dana dan periode waktu yang berbeda-beda. Perbedaan ini akan menentukan strategi dan preferensi langkah investasi yang perlu dilakukan sesuai dengan tujuan keuangan masing – masing.

Investor yang memiliki target tujuan keuangan untuk jangka panjang, tentu tidak sesuai jika menggunakan strategi investasi jangka pendek. Sebaliknya jika investor memiliki target tujuan jangka pendek, tidak disarankan menggunakan strategi investasi jangka panjang.

Maka investasi dalam syariat ISLAM perlu dilakukan dengan memilih instrumen-instrumen investasi yang sesuai dengan prinsip syariah.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.