Terjawab

Bagaimana menyelesaikan masalah hutang piutang dan gugatan?

Oleh : 
Desember 23, 2020

Saya memiliki piutang dan debitur berbelit-belit dalam penyelesaian masalah. Saya berniat untuk menuntut secara wanprestasi, bagaimana tahapannya?

Jika diperlukan surat perjanjian untuk penuntutannya, apakah diwajibkan untuk mengurus ke notaris? Apakah ada nilai nominal hutang minimal untuk digugat?

Dan, bila perkara lanjut ke pengadilan, apakah saya wajib untuk didampingi pengacara? Mohon informasinya. Terima kasih.

Jawaban

Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
0 Komentar

Daftar Gugatan ke Pengadilan Negeri dan Bayar Panjar Biaya Perkara

Untuk mengugat debitur, Anda harus mendaftar gugatan terlebih dahulu ke Pengadilan Negeri berdasarkan tempat tinggal tergugat. Setelah itu, Anda harus membayar panjar biaya perkara. Setelah diterima biaya tersebut, maka gugatan Anda akan dicatat ke dalam Buku Register Perkara untuk mendapatkan nomor gugatan.

Penetapan Majelis Hakim, Pemeriksaan Perkara, dan Penetapan Hari Sidang

Lalu, perkara tersebut akan dilimpahkan kepada Ketua Pengadilan Negeri. Pengadilan Negeri akan menetapkan Majelis Hakim yang akan memeriksa perkara Anda. Setelah ditetapkan, Majelis Hakim akan memeriksa perkara Anda dan kemudian menetapkan hari sidang. Proses selanjutnya proses persidangan akan dimulai sesuai dengan Hukum Acara Perdata yang berlaku.

Gugatan tersebut tidak perlu disahkan oleh Notaris, karena Notaris bertugas membuat alat bukti autentik. Agar isi dari gugatan tersebut sesuai sasaran dan hukum yang berlaku, maka lebih baik dibuat secara bersama-sama antara Anda dengan pengacara. Tetapi perlu diingat bahwa apabila waktu pembayaran utang sudah ditentukan terlebih dahulu dalam perjanjian, Anda perlu memperingati debitur supaya dia memenuhi kewajibannya sebelum Anda melakukan gugatan perdata. Peringatan tersebut Anda lakukan secara tertulis atau disebut juga dengan somasi sebagaimana diatur dalam Pasal 1238 KUHPer.

Jika debitur tidak juga memenuhi kewajibannya setelah Anda memberikan somasi, maka Anda bisa menggugat debitur atas dasar wanprestasi. Terkait nilai nominal hutang untuk digugat tidak diatur secara spesifik dalam hukum perdata. Selama nominal utang dan tanggal pelunasan sudah tertuang jelas dalam perjanjian antara Anda dan pihak debitur, serta debitur terbukti lalai dalam memenuhi kewajibannya, maka Anda dapat mengajukan gugatan wanprestasi terhadap debitur.

Pendampingan oleh pengacara dalam berpekara di Pengadilan bukanlah suatu kewajiban. Akan tetapi, dalam mengurus dokumen-dokumen yang dibutuhkan serta mengurus kepentingan Anda selama beracara lebih baik dilakukan oleh para ahlinya. Jika Anda berencana menggunakan jasa pengacara, Anda harus memberikan kuasa kepadanya melalui Surat Kuasa Khusus sesuai Pasal 1975 KUHPerdata.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Perencana Keuangan, fasilitator Financial Planning Class & CFP Preparation Class, Pembicara, Narasumber
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.