Terjawab

Bagaimana solusi tabungan anak dengan orang tua berketerbatasan?

Oleh : 
Desember 16, 2020

Saya ingin bertanya atas nama anak yang memiliki kedua orang tua tuna netra. Orang tua memiliki tabungan, tapi bank tidak membolehkan ada ATM karena mereka tuna netra.

Anak (belum ada KTP) juga tidak boleh memiliki rekening di bank karena kedua orang tua (sebagai wali) adalah tuna netra.

Ini bagaimana solusinya ya? Soalnya kalau ada kasus emergency dan di waktu libur/weekend, tidak ada bank yang beroperasi, bagaimana mereka bisa mencairkan cash? Apa iya harus menunggu hari kerja dulu untuk bisa dapat uang cash? Terima kasih.

Jawaban

Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
0 Komentar

Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan kalau memang keluarga tadi punya keluarga yang dipercaya dan layak bisa dipercayakan ke beliau. 

Namun, kalau tidak bisa, kita pakai cara tradisional saja. Dalam satu minggu, hanya dua hari bank libur. 

Jadi, pada dua hari tadi, keluarga bisa menyiapkan dana darurat untuk dua hari tadi seandainya dibutuhkan atau bisa juga dengan menyimpan aset likuid yang bisa dengan mudah dilikuidasi.

Misalnya, emas yang bisa dengan mudah digadaikan atau dijual saat butuh dan nilainya gak harus besar, bukan? Hanya untuk cover selama 2 hari.

Pentingnya Memiliki Dana Darurat

Keberadaan dana darurat sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan keuangan. Tanpa adanya dana darurat, solusi yang tersedia bagi kita saat membutuhkan uang adalah utang atau gadai barang.

Sebisa mungkin utang dihindari, kecuali tujuannya untuk usaha, memiliki properti, ataupun kendaraan.

Nah, dana darurat dalam perencanaan keuangan menjadi hal utama yang wajib dipenuhi. Apa itu dana darurat? 

Dana darurat adalah sejumlah dana yang dipersiapkan secara khusus untuk mengantisipasi pengeluaran sifatnya mendesak atau urgen.

Biasanya pengeluara yang sifatnya urgen adalah pengeluaran di luar cakupan penggantian asuransi, seperti biaya pengobatan, santunan, hingga biaya perbaikan kendaraan.

Idealnya, besaran dana darurat itu sebaiknya 3 – 6 kali pengeluaran bulanan. Untuk mengetahui besaran ideal dana darurat, kamu bisa gunakan kalkulator di bawah ini.

[CP_CALCULATED_FIELDS id=”23″]

Pilihan Tabungan Lain Selain Rekening Perbankan

Menabung tidak selalu harus di rekening bank meskipun menabung di rekening memang menjadi pilihan terbaik.

Ada beberapa pilihan dalam menabung yang dapat dijadikan alternatif sumber dana cash yang likuid, yaitu:

  • simpan di wadah yang aman,
  • mengikuti arisan,
  • memanfaatkan celengan di rumah, hingga
  • menggunakan wadah yang bening.

Untuk mendapatkan informasi mengenai cara-cara menabung di atas, kamu bisa mencari tahu informasinya dalam artikel Cara-cara Menabung yang Mudah Dilakukan di Rumah.

Pastikan juga uang yang ditabung nilainya maksimal di masa depan. Menabung yang baik adalah menabung dengan target

Nah, bagaimana caranya mencapai target tabungan dan berapa besar nominal tabungannya tiap bulan? Gunakan Kalkulator Menabung Bulanan di bawah ini.

[CP_CALCULATED_FIELDS id=”7″]

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Ade Wikasyah
Praktisi Keuangan Syariah
Aulia Akbar, CFP®
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Benny Fajarai CIP® CFP®
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Erlina Juwita, MM, CFP®, QWP®
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA®
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Galuh Alifani
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Irvan Rahardjo, SE., MM
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Lolita Setyawati, CA, MSIT, CFP®️
Certified Financial Planner
Maryadi Santana, CFP® QWP®
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Nadia Isnuari Harsya, CFP®
Independent Financial Planner
Rieke Caroline, SH, MKn.
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Rivan Kurniawan
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Roswitha Jassin, SE, MBA, CFP
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
Apakah pesangon untuk karyawan kontrak 1,2 tahun yang di PHK? Saya bekerja di suatu perusahaan selama 1,2 tahun dengan status kontrak. Namun, saya akan di PHK dalam waktu dekat ini. Pertanyaan saya, apakah pesangon karyawan kontrak yang di phk tetap akan diterima? Dan apakah perhitungannya dengan masa kerja 1 tahun 2 bulan?
1.022
1
Terjawab
Apa hak-hak yang diterima seseorang bila di-PHK dari institusi hukum? Beberapa ketentuan dalam UU Ketenagakerjaan telah diubah oleh Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Dengan perubahan tersebut, apa hak-hak yang diterima seseorang bila di-PHK dari sebuah institusi hukum?
723
0
Selain UU Cipta Kerja, adakah solusi lain menciptakan lapangan kerja? Salah satu disahkannya UU Cipta Kerja disebutkan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah bertujuan untuk menyediakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya bagi para pencari kerja dan pengangguran. Selain UU Cipta Kerja, adakah solusi lain menciptakan lapangan kerja yang luas di Indonesia?
822
0
Apa penyebab buruh meminta kenaikan upah yang sudah setara UMR? Para buruh dalam aksi demonstrasi mereka selalu meminta kenaikan upah buruh. Padahal, gaji para buruh saat ini sudah setara UMR. Mengapa buruh selalu minta kenaikan upah buruh? Apa penyebabnya?
860
0
Berapa jumlah pajak yang sebaiknya dibayarkan jika ingin sejahtera? Pajak disebut-sebut bisa menyejerahterakan rakyat di sebuah negara. Pertanyaannya sekarang, berapa jumlah pajak yang sebaiknya dibayarkan oleh kita sebagai masyarakat Indonesia jika ingin sejahtera?
649
1
Terjawab