Terjawab

Bagaimana tips menabung untuk seseorang yang boros?

Oleh : Tegar Mataya
Januari 3, 2021

Saat menerima gaji, saya yang masih berstatus single sulit menabung karena selalu membelanjakannya, main, dan kegiatan lain yang menyenangkan hati.

Apa tips menabung yang tepat untuk seseorang yang boros seperti saya? Atas tipsnya saya ucapkan terima kasih.

Jawaban

Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
0 Komentar

Tips Menabung untuk Seseorang Berstatus Single

Untuk seseorang dengan status single alias belum ada tanggungan memang banyak sekali godaannya. Namun bukan berarti hal ini tidak bisa disiasati. Hal – hal yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Buat Skala Prioritas

Apakah yang menjadi prioritas hidup Anda? Biasanya seseorang yang tidak bisa menentukan apa yang menjadi skala prioritasnya adalah orang yang tidak bisa menabung. Dengan Anda mengetahui apa yang menjadi skala prioritas yang Anda miliki, Anda akan mulai memiliki kesadaran yang lebih tentang bagaimana mengatur keuangan agar tidak menjadi boros.

2. Buat Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan adalah turunan kecil dari skala prioritas. Apakah yang selama ini menjadi tujuan keuangan Anda? Apabila Anda tidak memiliki tujuan keuangan maka biasanya Anda tidak memiliki kesadaran untuk menabung,
Ada 3 tujuan keuangan yang bisa saya rekomendasikan untuk Anda yang single, yaitu
1. Dana persiapan pernikahan
2. Dana kepemilikan rumah
3. Dana pensiun

3 tujuan keuangan ini saja sudah akan membuat Anda memerlukan dana yang tidak sedikit untuk berinvestasi. Pertanyaan berikutnya adalah mengenai kapan. Kapan Anda ingin menikah? Kapan Anda ingin memiliki rumah? dan Kapan Anda ingin pensiun? Semakin dini Anda berinvestasi ke instrumen investasi, semakin kecil pula jumlah nominal investasi yang Anda butuhkan. Sehingga bukan mustahil Anda akan bisa mendapatkan rumah impian itu dan bisa pensiun nyaman bahkan di usia yang relatif muda. Namun terntunya semua tergantung bagaimana Anda menyikapi uang Anda sejak sekarang,

3. Miliki Dana Darurat dan Asuransi

BPJS memang wajib dan penting, namun kepemilikan dana darurat dan asuransi konventional juga penting untuk berdampingan dengan BPJS. Keberadaan dana darurat adalah untuk mengganti sementara penghasilan Anda yang mungkin terputus misal akibat pemutusan kerja, atau kondisi diluar rencana seperti Covid19 ini, atau misal ada keluarga yang kemalangan, kecelakaan, dll yang membutuhkan dana cepat. Sementara Asuransi konvensional adalah untuk mengcover hal-hal yang tidak dicover oleh BPJS seperti kamar kelas 1 atau VIP. atau beberapa perawatan dan tes-tes darurat, yang mungkin dengan BPJS harus beberapa kali datang,

4. Investasi dahulu baru habiskan penghasilan yang Anda miliki

Untuk menghindari rasa bersalah akibat uang yang selalu habis, coba diganti pola pikir dan urutan pengeluarannya. Kalau selama ini Anda baru menabung setelah ada sisa, sekarang lakukan investasi terlebih dahulu, baru sisanya dihabiskan. Dengan demikian, investasi menjadi skala prioritas daripada main. Dan usahakan Anda berinvestasi melalui proses yang agak tidak mudah untuk pencairannya atau pencairannya memakan waktu, sehingga ada rasa malas untuk mengambilnya apabila uang Anda sudah habis. Dengan demikian, ada dana yang sudah berhasil Anda selamatkan terlebih dahulu sejak awal Anda menerima gaji, sehingga penghasilan Anda tidak habis begitu saja.

5. Budgetkan

Kalau Anda terlalu keras untuk diri Anda sendiri, Anda juga bisa stress sendiri. Dengan kata lain, boleh kok mengalokasikan dana yang cukup untuk main-main dan sekedar berkumpul dengan teman atau membeli kopi kekinian itu. Tapi, sebaiknya semua Anda budgetkan dan kemudian disiplin dalam menentukan budget Anda, atau tidak melanggar dengan sendirinya terhadap budget yang sudah Anda tetapkan.

Atau kalau misalnya memang Anda merasa perlu, konsultasikan kondisi keuangan Anda kepada perencana keuangan yang terpercaya. Dengan demikian Anda akan bisa melihat sendiri berapa perhitungan yang diperlukan untuk berinvestasi, dan bagaimana hasil imbal balik yang mungkin bisa Anda dapatkan apabila Anda berinvestasi di instrumen investasi yang tepat, dan dalam jangka waktu terntentu. Anda pasti senang dengan kemungkinan ROI yang bisa And dapatkan dengan berinvestasi sesederhana Rp. 250.000,- per bulan.

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.