Bagiamana dan dimana cara mengurus SIUP ketika KTP berasal dari tempat yang berbeda dengan tempat usahanya?

Oleh : 
November 9, 2020

Jawaban

Eko Endarto, CFP, RFA
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
0 Komentar

Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP dikeluarkan pemerintah daerah di mana usaha didirikan.

Aturan hukum yang mengatur Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) termuat di Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor: 36/M-DAG/PER/9/2007.

Peraturan Menteri Perdagangan tersebut menjelaskan Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP adalah surat izin yang diperlukan para pelaku usaha agar dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan.

Menurut modal usahanya, SIUP terbagi menjadi tiga kategori:

  1. SIUP Kecil adalah SIUP untuk pelaku usaha atau perusahaan yang memiliki modal dan total kekayaan bersih (netto) hingga Rp200.000.000 (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha).
  2. SIUP Menengah adalah SIUP untuk pelaku usaha atau perusahaan yang memiliki modal dan total kekayaan bersih (netto) > Rp200.000.000 – Rp500.000.000 (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha).
  3. SIUP Besar adalah SIUP untuk pelaku usaha atau perusahaan yang memiliki modal dan total kekayaan bersih (netto) > Rp500.000.000 (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha).

Tanpa Perlu ke Kantor Pelayanan Milik Pemerintah Daerah, Cara Mengurus SIUP Bisa Online

Kini mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dapat dilakukan secara online lewat sistem Online Single Submission atau sistem OSS.

Pemerintah menghadirkan sistem ini dengan tujuan agar para pelaku usaha dapat dengan mudah mengurus perizinan sebagaimana yang termuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018.

Melalui sistem OSS ini, setiap pengajuan perizinan oleh pelaku usaha akan diteruskan ke pemerintah daerah.

Langkah-langkah mengurus SIUP secara online dapat kamu temukan informasinya dalam artikel Cara Membuat SIUP Online 2020 Resmi dari Pemerintah.

Biaya mengurus SIUP

Sebagaimana yang termuat dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor: 36/M-DAG/PER/9/2007, setiap pelaku usaha atau perusahaan yang mengajukan permohonan SIUP baru sama sekali tidak dikenakan biaya.

Sementara pengajuan permohonan pendaftaran ulang SIUP dikenakan biaya adminstrasi:

  • SIUP Kecil: maksimal Rp100.000
  • SIUP Menengah: maksimal Rp150.000
  • SIUP Besar: maksimal Rp300.000