Terjawab

Berapa biaya tambal ban mobil?

Oleh : natasiiaa
Oktober 22, 2021

Jawaban

0 Komentar

Risiko ban bocor karena tertusuk paku atau kurang angin pada ban adalah risiko yang dihadapi pengendara di keseharian. Solusinya adalah dengan menambal ban. Walaupun selalu membawa ban serep, rasanya sayang kalau harus mengganti ban mobil karena penyebab yang tidak terlalu parah. 

Kisaran biaya untuk tambal ban mobil akan berbeda-beda tergantung jenis ban yang digunakan, yaitu ban tube atau ban tubeless.

Jenis ban tube

Jika mobil anda masih menggunakan ban dalam. Ada 2 jenis pilihan tambalan yang mungkin akan digunakan.

1. Tambal Tip Top

Kisaran Harga: Rp8 ribu – Rp25 ribu

Tambal Tip Top, memiliki keunggulan karena prosesnya lebih simpel dan cepat. Cara menambalnya hanya menggunakan karet penyumbat atau lem khusus yang ditempelkan pada bagian yang bocor. Walaupun cepat, namun teknik ini dirasa kurang efektif dan umumnya dimanfaatkan untuk keadaan sementara saja jika tidak ada ban cadangan.

2. Tambal bakar (teknik dipanaskan)

Kisaran Harga: Rp10 ribu – Rp30 ribu

Cara ini paling umum dilakukan, yaitu dengan memanaskan karet penambal dan kemudian ditempelkan pada sisi ban yang berlubang. Aman untuk diterapkan pada ban mobil dan mampu bertahan lama. 

Jenis ban tubeless

Ban tubeless merupakan ban yang didesain tidak memiliki ban dalam. Bannya dirancang agar lebih praktis dan jenis ini pun dapat dibilang lebih aman dari persoalan ban bocor. Tapi tetap bukan antibocor ya. 

Untuk proses tambal pada jenis ban yang satu ini pun lebih praktis prosesnya. Nah, ada dua macam teknik yang biasa digunakan.

1. Tambal payung

Kisaran Harga: Rp10 ribu – Rp35 ribu

Teknik tambal yang satu ini kerap menjadi pilihan para pengguna mobil, karena dianggap lebih tahan lama dan juga tidak merusak bagian ban lainnya. Proses menambalnya dengan menempatkan karet tambalan berbentuk seperti payung pada bagian ban yang bocor. 

Lalu, montir akan menggunakan angin kompresor untuk merekatkannya. Cara menambalnya pun sederhana walau ban harus dikeluarkan dahulu dari peleknya. Jadi memang butuh alat bantuan di bengkel untuk melepas ban.

2. Tambal cacing

Kisaran Harga: Rp10 ribu – Rp35 ribu

Jika dilihat dari segi harga, teknik tambal cacing ini harganya gak jauh beda dengan tambal payung. Namun, pemilihan teknik tambal jenis ini disarankan untuk jangka pendek saja atau nanti bannya bisa dijadikan ban cadangan. 

Hal ini dikarenakan proses pada penambalan cacing ini adalah dengan melebarkan lubang pada ban yang nantinya akan dimasuki karet penambal yang berbentuk seperti cacing. Prosesnya terbilang lebih mudah dan praktis, namun pada saat melebarkan lubang pada ban, ada risiko serat ban bisa menjadi rusak. 

Harga di atas hanya merupakan kisaran, jadi yang pasti tiap bengkel pada area tertentu memiliki standar harga yang bervariasi.

Nah tentu risiko memiliki mobil tidak hanya soal ben kempes atau bocor saja ya. Untuk itu Lifepal mau memberikan saran.

Supaya kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang terlalu banyak, lebih baik kamu membeli proteksi biaya kendaraan dalam bentuk asuransi mobil.

Dengan melindungi mobilmu dengan asuransi mobil, kamu tidak perlu cemas dengan mahalnya biaya perawatan dan perbaikan di bengkel karena tagihanmu akan ditanggung oleh asuransi hingga sepenuhnya alias 100%.

Temukan referensi kepada berbagai perusahaan asuransi all risk dan asuransi TLO terbaik Indonesia hanya di Lifepal!

Promo Asuransi Terbaik, Hemat 30%!
Bandingkan semua asuransi dan pilih sesuai kebutuhanmu!
Sticky Banner
Sticky Banner

Dapatkan solusi dari para ahli keuangan

Praktisi Keuangan Syariah
Perencana Keuangan, Praktisi Hubungan Masyarakat
Cofounder Lifepal.co.id - Certified Insurance Professionals & Certified Financial Planner
Independen Financial Planner, Founder Finansia Consulting dan Sahabat Pensiun.
Founder @CerdasKeuangan dan Senior Consultant @Oneshildt.
Wealth Asset Manager, Pembicara, Narasumber, Penulis
Konsultan bisnis, penulis, pengamat keuangan, dan pegiat seni. Penerima penghargaan best paper award untuk publikasi keuangan, dari institusi akademik internasional, IISES.
Penulis, arbiter, editor buku, kolumnis, saksi ahli berbagai instansi, narasumber seminar dan media cetak, online dan elektronik.
Certified Financial Planner
Priority Banking Relationship Manager, Manulife Asset Management Indonesia as Relationship Manager, Panin Asset Management as Team Leader Retail Marketing and Start doing as Financial Planner, ZACD Group as Relationship Manager.
Independent Financial Planner
Pendiri & CEO KontrakHukum.com. Pakar Hukum & Bisnis. Pembawa Berita dan Public Figure.
Pakar Investasi & Value Investor dengan 10 Tahun+ Pengalaman
Financial Educator, Lifestyle Blogger, Founder, Entrepreneur, Pembicara dan Pemateri.
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
Promo Asuransi Terbaik, Hemat 30%!
Bandingkan semua asuransi dan pilih sesuai kebutuhanmu!
Sticky Banner
Sticky Banner
Hemat 25% - Lihat 500+ Pilihan polis Asuransi
Sticky Banner